blank
Iluistrasi anggur hijau. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anggur termasuk buah yang bisa Anda makan dengan berbagai cara. Mulai dari memakannya secara langsung, jus, agar-agar, minuman beralkohol, sampai bisa Anda olah menjadi kismis.

Tidak hanya rasanya yang lezat, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, sampai penyakit kanker.

Jenis anggur yang sering dikonsumsi tidak hanya warnanya saja, beberapa jenis anggur pun mempunyai bentuk yang berbeda-beda.

Baca Juga: Dapat Mencegah Kanker, Delapan Manfaat Anggur bagi kesehatan

Tanpa basa-basi, berikut adalah macam-macam anggur yang umumnya ada di Indonesia ataupun di luar negeri.

1. Anggur concord

Anggur concord merupakan jenis buah anggur dengan warna biru keungu-unguan. Anggur ini kerap diolah menjadi jus, agar-agar, selai, hingga produk makanan panggang.

Di samping lezat dan menyegarkan, anggur concord mengandung antioksidan flavonoid dan resveratrol, yaitu dua senyawa yang bersifat antikanker, antiradang, hingga dipercaya menyehatkan jantung.

2. Anggur moon drops

Tidak semua anggur berbentuk bulat atau oval. Buktinya, anggur moon drops bentuknya lonjong atau panjang. Salah satu jenis anggur tanpa biji ini memiliki tekstur yang renyah. Warna anggur moon drops umumnya biru gelap atau hampir hitam. Terlebih lagi, jenis anggur panjang ini memiliki rasa yang manis sehingga bisa dijadikan camilan sehat.

Baca Juga: Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan, Simak!

3. Anggur crimson

Jenis anggur tanpa biji berikutnya adalah crimson. Warna anggur ini berkisar dari merah muda gelap hingga merah terang dengan daging berwarna hijau. Uniknya, varietas anggur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 oleh seorang petani di California, Amerika Serikat.

Sama seperti jenis anggur merah lainnya, anggur crimson dipenuhi dengan antioksidan bernama antosianin yang berkontribusi terhadap warna kulit dan manfaat kesehatannya.

4. Anggur sultana

Anggur sultana adalah jenis anggur hijau yang rasanya sangat manis. Ciri-ciri buah anggur sultana adalah kecil dan bentuknya oval. Rasa anggur sultana yang manis membuatnya kerap diolah menjadi kismis putih.

5. Anggur kyoho

Salah satu jenis anggur hitam yang bisa kamu coba adalah anggur kyoho yang berasal dari Jepang. Namanya diambil dari bahasa Jepang, yang berarti “anggur gunung raksasa” dan terinsiprasi dari Gunung Fuji.

Baca Juga: Dapat Menjaga Berat Badan, Empat Manfaat Susu Murni bagi Kesehatan

Anggur kyoho diklaim sebagai buah anggur terbesar dan cukup sulit ditemukan di pasar. Ciri-ciri buah anggur kyoho adalah manis dan juicy, mirip dengan anggur concord. Selain itu, kulitnya cukup tebal dan rasanya kurang sedap.

Jadi, kamu disarankan untuk mengupas bagian kulitnya dulu sebelum mengunyah jenis anggur import ini.

6. Anggur red globe

Anggur red globe adalah tipe anggur yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Asia. Rasa anggur red globe cukup manis dan memiliki kulit bernama merah. Tekstur dagingnya pun renyah.  Karena ukurannya yang besar, anggur red globe cocok untuk dimakan langsung.

7. Anggur cotton candy

Salah satu jenis anggur paling manis yang bisa kamu makan adalah anggur cotton candy. Anggur ini dibudidayakan oleh The Grapery, yaitu laboratorium anggur dan juga perkebunan di California, Amerika Serikat. Sesuai namanya, rasa anggur cotton candy mirip seperti permen. Sayangnya, anggur ini hanya tumbuh di California.

Baca Juga: Selain Menghangatkan Tubuh, 5 Manfaat Susu Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

8. Anggur black muscat

Jenis anggur import lainnya yang dapat dijajal adalah anggur black muscat. Varietas anggur ini dipercaya diciptakan pada tahun 1800-an dengan cara menyilangkan anggur alexandria dan trollinger.

Anggur black muscat memiliki ukuran yang besar dan warnanya biru kehitam-hitaman. Lebih dari itu, aromanya juga harum seperti bunga.

Bahkan, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Food Chemistry membuktikan bahwa anggur black muscat lebih manis, berair, dan harum dibandingkan lima tipe anggur yang dilibatkan dalam studi tersebut.

Studi di atas juga mengungkapkan bahwa anggur import ini dilengkapi kandungan alfa tokoferol, beta karoten, dan monoterpenol yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga:Tak Hanya Susu Sapi, 5 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Tubuh

9. Anggur himrod

Kalau tadi ada anggur berwarna merah, ungu, atau hitam, sekarang saatnya beralih ke anggur kuning. Terdapat sejumlah anggur berwarna kuning keemasan yang cukup populer di beberapa negara dunia, salah satunya anggur himrod. Anggur himrod dikenal memiliki rasa manis dan berasal dari Turki. Namun, tipe anggur ini juga populer di negara-negara Eropa.

10. Anggur canadice

Kalau biasanya anggur hanya memiliki satu warna saja, beda ceritanya dengan anggur canadice. Varietas anggur yang ditemukan oleh Universitas Cornell, Amerika Serikat ini memiliki kulit berwarna ungu, hijau, dan bahkan kuning dalam satu tangkainya. Uniknya, anggur canadice tidak hanya manis, tetapi juga menawarkan sedikit sensasi rempah-rempah.

11. Anggur prabu bestari

Anggur prabu bestari adalah anggur lokal yang buahnya besar dan manis. Anggur berwarna ungu gelap ini berasal dari Kabupaten Probolinggo yang lokasinya terletak di Jawa Timur.

Terlepas dari jenis anggur yang kamu makan, ketahuilah bahwa ini adalah buah-buahan bernutrisi tinggi yang bisa dijadikan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jadi, jangan malas untuk memvariasikan pola makanmu dengan buah-buahan seperti anggur.

Claudia