blank
Ilustrsi susu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu sapi murni atau susu murni merupakan jenis susu yang kandungan nutrisinya tidak memiliki penambahan atau pengurangan apa pun.

Selain itu, susu sapi murni tidak melalui banyak tahap proses pengolahan. Susu sapi murni kebanyakan tidak melewati proses pasteurisasi atau UHT (ultra high temperature).

Susu murni memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan karena masih mengandung nutrisi-nutrisi penting. Diantaranya adalah kalsium, vitamin D, dan protein.

Untuk lebih jelasnya mari simak 4 manfaat susu murni untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari alodokter.com.

Baca Juga: Selain Menghangatkan Tubuh, 5 Manfaat Susu Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menambah energi dan stamina

Kandungan kalori, protein, dan lemak yang ada dalam susu murni memiliki manfaat untuk menambah energi tubuh. Dengan energi yang cukup, tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

Oleh karena alasan tersebut, dengan mengkonsumsi susu murni akan membuat tubuh lebih kuat dan memiliki stamina yang cukup untuk berolahraga ataupun menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Dengan mengkonsumsi susu murni akan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dan juga akan menambah massa serta memperbaiki kerusakan jaringan otot dan tulang.

Manfaat ini diperoleh dari dari kandungan protein, kalsium, dan vitamin D. Berbagai macam nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan otot.

3. Mengurangi risiko penyakit tertentu

Dengan banyaknya kandungan nutrisi penting yang dimiliki oleh susu murni membuat susu murni memiliki banyak khasiat untuk mengatasi penyakit tertentu.

Baca Juga: Selain Susu, Yuk Cari Tahu 5 Makanan yang Tinggi Kalsium

Penyakit itu diantaranya adalah sindrom metabolik, obesitas, resistensi insulin, serta kolesterol tinggi. Tak hanya itu, mengkonsumsi susu murni juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

4. Menjaga berat badan tetap stabil

Mengkonsumsi susu murni bagi orang yang menjalani program diet diketahui memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Hal ini dinyatakan dalam beberapa riset penelitian.

Dengan minum susu, akan membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga akan lebih mudah dalam mengontrol porsi makan.

Itulah 4 manfaat penting susu murni bagi kesehatan tubuh. Meskipun susu murni memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi jika diminum secara berlebihan justru akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Untuk itu tetaplah bijak dalam mengonsusmi susu murni agar manfaat baiknya bisa kita rasakan.

Claudia