blank
Ilustrasi, deiskusi metafisika di Malaysia antara penulis dan pelaku hipnosis. Foto: Dok MAsruri

blankDIHITUNGdengan ilmu dagang sekali pun, biaya pelatihan di negeri kita ini masih sangat murah. Tidak percaya, ayo kita hitung. Misalnya Anda ikut pelatihan hipnosis atau jenis pelatihan lain dengan tiket Rp 2 juta – 3 juta.

Setelah Anda bisa atau lumayan menguasai, Anda sudah bisa buka pelatihan. Kalau misalnya dapat dua atau tiga peserta saja, sudah balik modal. Berbeda jika Anda membeli beras satu karung dengan harga Rp 1 Juta. Paling Anda dapat untung kurang dari setengah harga belinya, dan setelah itu berasnya habis.

Dan jika yang dibeli itu ilmu, dijual puluhan atau ratusan kali pun tidak akan habis, justru ilmunya semakin bertambah. Saya belanja ilmu itu  jika dikalkulasi antara Rp 5 Juta, namun yang saya dapatkan dari ilmu yang sudah saya pelajari itu nilainya bukan hanya 10 atau 20 kali lipat.

Baca juga Manajemen ‘Orang Pintar’

Belum lagi bonus lain yang saya dapatkan, misalnya jalan-jalan ke luar kota, luar negeri, bisa bertemu dan saling berbagi pengetahuan dengan para tokoh yang dulu hanya saya kenal dari televisi, majalah dan koran.