Wartawan PWI Kebumen dan Dinas Kominfo ziarah ke makam S Rundhayat di Desa Purwogondo, Kecamatan Kuwarasan, Rabu 8/2.(Foto:SB/Humas PWI Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan online yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen Rabu (8/2) ziarah ke makam para wartawan yang pernah bertugas di daerah tersebut.

Kegiatan ziarah sekaligus mengawali peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023. Pada Rabu (8/2) malam, wartawan juga menggelar malam syukuran HPN di Sasana Pambiwara Dinas Kominfo Kebumen.

Ziarah diawali ke makam Fuad Hasyim di makam Sijago Kelurahan Selang Kebumen. Selanjutnya ke Makam M Sujangi dan RAI Ageng Sulistyo Handoko di Desa Kutosari Kebumen serta Makam Goenawan Efendi di Kecamatan Pejagoan.

Wartawan PWI Kebumen didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Unik Ganiwati sempat singgah di kediaman almarhum Goenawan Efendi di Gang Turi, Pejagoan. Di rumah yang asri itu wartawan diterima oleh putri Goenawan Efendi, Ungul Winarti, yang juga Kabag Prokopim Setda Kebumen, dan Endang Widuri, kakak kandung Unggul.

Wartawan selain bersilaturahmi juga dijamu makan siang oleh keluarga Unggul Winarti. Endang Widuri berterima kasih kepada segenap insan pers dan Dinas Kominfo yang setiap tahun menjelang HPN selalu ziarah ke makam orang tuanya.

Ziarah diakhiri di Makam S Rundhayat, mantan wartawan Kedaulatan Rakyat di Desa Purwogondo, Kecamatan Kuwarasan, selatan Gombong. Rundhayat semasa aktif sebagai jurnalis pernah menjadi Ketua PWI Perwakilan Kedu.

Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto didampingi Ketua Panitia HPN 2023 Paryanto mengungkapkan, peringatan HPN kali ini diisi berbagai kegiatan. Di antaranya ziarah, malam Syukuran, PWI masuk sekolah dan kampus serta pesantre, bakti sosial menyantuni anak yatim.
Puncak peringatan HPN akan menggelar sarasehan menghadirkan pembicara pakar komunikasi publik dari Unsoed Purwokerto serta KPU Provinsi Jateng.

Komper Wardopo