blank
Kucing rumahan. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kucing atau disebut kucing domestik (kucing rumah) adalah sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae.

Kata “kucing” biasanya merujuk kepada kucing yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada kucing besar seperti singa dan harimau yang juga termasuk jenis kucing

Berapa rata-rata usia kucing rumahan yang kamu miliki? Dengan mengetahui rata-rata usia kucing akan lebih membantu pemilik mengetahui tahap kehidupan kucing.

Dilansir dari Gridkids.id, mengetahui rata-rata usia kucing akan memberi kesiapan emosional ketika kehilangan hewan berbulu ini. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar mengetahui rata-rata usia kucing.

Lantas, bagaimana mengetahui rata-rata usia kucing rumahan? Yuk, kita simak

1. Rata rata usia kucing rumahan

Menurut sebuah penelitian yang menemukan bahwa rata-rata usia kucing rumahan ialah 10-15 tahun. Untuk kucing liar yang enggak dipelihara dengan baik akan memiliki usia hidup dua hingga lima tahun. Perbedaan usia tersebut karena perbedaan ancaman dari lingkungan seperti kendaraan hingga predator.

2. Genetika bisa mempengaruhi usia hidup kucing

Genetika bisa mempengaruhi usia hidup kucing seperti bentuk tubuh, bulu, hingga fisiknya. Selain itu, ada sejumlah ras kucing yang memiliki usia hidup lebih pendek seperti ras campuran karena pembiakan selektif. Bukan hanya itu, kucing juga bisa membawa gangguan kesehatan dari induknya karena genetika.

3. Usia ras kucing biasa

Pada umumnya kucing peliharaan memiliki usia hidup lama, tatapi kucing memiliki tingkat metabolisme lebih cepat dari pada manusia. Hal tersebut menyebabkan kucing lebih cepat tua ketimbang manusia, seperti satu tahun manusia bisa setara beberapa tahun hidup kucing

Jika kucing berusia satu tahun akan setara 18 tahun usia manusia. Hal tersebut membuat pertambahan usia kucing berlipat ganda dari manusia.

Namun, ras kucing akan cenderung hidup lebih lama dari pada kucing lainnya. Nah, itu tadi rata-rata usia kucing peliharaan yang perlu kamu ketahui.

Ning Suparningsih