blank
Pelatihan pembuatan sabun cair oleh kolaborasi Mahasiswa KKN Unwahas dan Unisnu.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kolaborasi Mahasiswa KKN Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara yang diterjunkan di Kelurahan Sukorejo, Gunungpati Semarang menggelar pelatihan pembuatan sabun cair cuci tangan.

blank
Kolaborasi Mahasiswa KKN Unwahas dan Unisnu di Sukorejo Gunungpati, Semarang.

Pelatihan yang digelar di Balai Kelurahan, Minggu (5/1/2023) dihadiri Ketua PKK Kelurahan Sukorejo, tim monitoring pimpinan Unwahas Dr.Ir. Helmi Purwanto selaku , Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Hetiyasari dan Kukuh Dwi Wijanarko, serta Dr. Indah Hartati selaku fasilitator dalam pelatihan pembuatan sabun cair cuci tangan.

Dengan mengangkat tema “Ketahan Ekonomi Menuju Masyarakat Sehat” pelatihan pembuatan sabun cuci tangan ini dipilih sebagai program utama dalam kegiatan KKN kolaborasi Unwahas-Unisnu. Mengingat saat ini masa paska pandemi sebagai upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat.

“Pelatihan pembuatan sabun tangan ini, sebagai sarana kita berbagi ilmu yang kita dapat dari kampus. Harapan kami pelatihan ini dapat memberi manfaat untuk masyarakat setempat. Entah dari segi ekonomi masyarakat atau kesehatanya”, kata Tabah ketua panitia kegiatan.

Sementara itu, Dr. Hetiyasari berharap pelatihan pembuatan sabun cair ini bisa ditularkan kepada masyarakat terutama kelompok PKK Kelurahan Sukorejo..

“Saya harap pelatihan ini tidak berhenti disini saja, dengan ilmu yang didapatkan pada kesempatan hari ini bisa membantu kegiatan perekonomian ibu-ibu yang ada di Kelurahan Sukorejo”, imbuh Dr. Hetiyasari.

Pelatihan pembuatan sabun cuci tangan ini pun disambut baik oleh anggota PKK kelurahan Sukorejo RW 1. Menurut salah satu anggota PKK, Sumiatun, mengatakan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan ini memang sangat bermanfaat.

“Selain itu, di pelatihan ini juga menambah pengetahuan ibu-ibu PKK mengenai cara pembuatan sabun cuci tangan”, kata Sumiatun.

ua/galuh