blank
Manfaat Cokelat bagi tubuh. Foto: Dark Colekat dan White Cokelat (Pexels)

9. Membantu Penderita Alzheimer
Sebuah studi menemukan konsumsi cokelat dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada penderita Alzheimer, walaupun efeknya tidak signifikan.

10. Menghambat Penuaan
Tingginya kadar antioksidan yang ada di dalam cokelat dapat membantu menghambat penuaan yang terjadi seiring pertambahan usia. Penuaan ini bisa tampak dari luar (keriput dan kulit kendur) ataupun yang tidak tampak, seperti penuaan pada sel-sel tubuh.

Lalu, kandungan zat mangan yang tinggi dalam kakao juga berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dihasilkan agar menjaga kulit tampak muda dan sehat.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan
Cokelat hitam ternyata dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah atau porsi yang tepat.

Menurut penelitian, cokelat dapat memicu pelepasan hormon yang mengontrol nafsu makan sehingga kamu lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Di dalam saluran pencernaan, cokelat juga dapat berperilaku seperti prebiotik, yaitu sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Semakin banyak bakteri baik dalam tubuh, maka metabolisme dan penyerapan nutrisi pun akan meningkat.

Baca Juga: Makanan yang Tak Ramah di Dompet dan Badan

12. Membantu Mengurangi Komplikasi pada Kehamilan
Sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Society for Maternal Fetal Medicine menjelaskan bahwa konsumsi 30 gram cokelat dalam sehari selama kehamilan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Lalu, zat teobromin dalam cokelat juga dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil karena dapat merangsang jantung dan membuat pembuluh darah arteri membesar.

13. Memiliki Sifat Antidepresan
Cokelat mengandung serotonin yang dapat membantu mengembalikan mood menjadi baik ketika ada masalah yang sedang dihadapi.

14. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Kandungan flavonoid yang berada di dalam coklat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Itu dia beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan. Meski memiliki banyak kebaikan, kamu perlu mewaspadai efek samping yang terjadi bila cokelat dikonsumsi secara berlebihan.

Apalagi, sudah banyak cokelat yang diolah dengan penambahan gula, susu, dan lain sebagainya. Alih-alih mendapatkan manfaat cokelat, konsumsi cokelat jenis ini justru berbahaya bagi kesehatan.

Claudia