blank
Bilqis Azka Fatiha siswi kelas 2 MIPA 2 SMA Negeri 10 yang berhasil meraih Juara 1 tingkat nasional Sakubun SMA Hikari Champions 2023 atau mengarang dengan menggunakan huruf kanji Jepang bersama trophy kejuaraan, Senin (30/1/2023). Foto ::Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Kota Semarang, berikan apresiasi atas kemenangan salah satu siswinya menjadi juara nasional Sakubun SMA Hikari Champions 2023 atau mengarang dengan menggunakan huruf kanji Jepang.

Lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kota Semarang itu, diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari berbagai daerah di Indonesia dan ditetapkan.sebagai Juara 1 adalah Bilqis Azka Fatiha siswi kelas 2 MIPA 2 SMA Negeri 10, sedangkan Juara 2 dari SMA Negeri 2 Kota Semarang dan Juara 3 dari SMA Bina Mulia Pontianak.

“Kami sangat mengapresiasi, anak didik kami yang bisa menjadi juara 1 tingkat nasional Sakubun SMA Hikari Champions 2023 atau mengarang dengan menggunakan huruf kanji Jepang. Harapannya, anak itu dapat mempertahankan tetap terus eksis bisa menjadi juara, atau bahkan bisa ditingkatkan kapabilitasnya atau kemampuannya. Lalu akan coba diperbanyak kader-kader berikutnya, supaya lebih banyak yang menguasai seperti seniornya,” jelas Drs. Mulyani M Noor, MPd, Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Kota Semarang di ruangannya, Senin (30/1/2023).

Selain itu, lanjutnya, banyak juga anak didik yang sekolah di SMA Negeri 10 Kota Semarang, memiliki prestasi juara di tingkat nasional melalui bidang olahraga, salah satunya adalah olahraga Karate dan Bulutangkis.

“Anak didik kami ada juga yang berprestasi sebagai juara nasional di bidang olahraga. Ada Galih juara nasional karate Dan dua sabuk hitam. Ada juga Ruben, juara nasional bulutangkis. Sekarang semuanya sudah kelas 3 atau kelas 12,” ujarnya berbangga.

Kemenangan yang diraih Bilqis Azka Fatiha itu merupakan karunia terindah bagi orang tuanya, karena kedua orang tuanya tidak menyangka jika anak gadis pertamanya bisa meraih Juara 1 tingkat nasional Sakubun SMA Hikari Champions 2023.

blank
Drs Mulyani M Noor, MPd, Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Kota Semarang di ruangannya, Senin (30/1/2023). Foto : Absa

“Ya kami sangat berbanggalah mas. Bersyukur, anak kami bisa jadi Juara 1 tingkat nasional. Mengalahkan pesaingnya dari berbagai daerah di Indonesia. Ya semoga ini dapat membantu meningkatkan prestasinya di bidang lain dan dapat memotivasi pelajar lainnya dalam berprestasi,” ujar Ayah Bilqis, Aminudin di Perum Griya Utama Banjardowo Baru blok E No 45 Semarang Senin malam (30/1/2023).

Hadiah yang peroleh, lanjutnya, selain trophy kejuaraan juga uang pembinaan sebanyak Rp 750 ribu dan bea siswa masuk ke Udinus sebesar Rp 7,5 juta.

Sedang karya yang berhasil mengantarkan menjadi juara, karena berhasil mengarang denganenggunakan huruf kanji Jepang sebanyak 7 lembar kerta A4 dengan judul “人生の欲求” (Jinsei no Yokkyuu) atau “Keinginan Hidup”

“Alhamdulillah mas. Semoga hadiah kejuaraan yang diperoleh dapat dimanfaatkan anak saya dengan baik. Dan mudah-mudahan hadiah bea siswa itu nantinya juga bisa terealisasi untuk bisa kuliah di Udinus,’ harap Aminudin.

Absa