blank
Manfaat Cokelat bagi tubuh. Foto: Dark Colekat dan White Cokelat (Pexels)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cokelat merupakan sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat pertama kali nikmati oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Cokelat dihasilkan dari biji kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakanb awal tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko.

Istilah ‘cokelat’ itu sendiri berasal dari xocolatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Pada awalnya, cokelat dikonsumsi sebagai minuman yang dibuat berbuih, kadang-kadang ditaburi lada merah, vanilla, madu atau rempah-rempah lain. Rasanya pahit, sepat dan berlemak.

Baca Juga: Konsumsi Cokelat Berlebihan, Ini Dampak Buruknya

Dilansir dari klikdokter.com walaupun pahit, cokelat ini tetap terasa enak ketika dikonsumsi dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh, yaitu:

1. Kaya Akan Mikronutrien
Cokelat hitam mengandung berbagai macam mikronutrien. Di dalam 100 gram cokelat hitam terdapat 11 gram serat, 12 mg zat besi, 230 mg magnesium, 2 mg mangan, 73 mg kalsium, dan masih banyak lagi.

Selain mengandung delapan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, cokelat juga menyimpan berbagai vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B12, dan vitamin K.

2. Efek Stimulan bagi Tubuh
Kakao merupakan bahan dasar cokelat yang memiliki beberapa komponen dengan efek stimulan bagi tubuh. Efek stimulan tersebut termasuk kafein, yang merupakan stimulan fisik, pencernaan, dan otak.

Cokelat mengandung teobromin, yaitu senyawa yang mirip dengan kafein, namun efeknya lebih lemah. Senyawa ini bersifat stimulan terhadap sistem saraf pusat sehingga mampu membuat kamu lebih waspada dan terjaga.

Baca Juga: Empat Bahaya Berlebihan Mengonsumsi Cokelat Bagi Kesehatan