blank

SUARABARU.ID – Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk, dan mungkin sulit mengingat untuk makan dengan sehat. Terkadang, lebih mudah mengambil makanan dari rak, hanya memikirkan kenyamanan dan bukan nilai gizinya. Makanan olahan selalu tersedia, itulah sebabnya mereka menghasilkan banyak uang bagi produsen. Dan mereka telah menghemat waktu dan energi kita di masa lalu. Tapi, berapa biayanya?

Banyak produk dalam daftar ini merupakan makanan pokok harian kita, dari Coke hingga Twinkies. Namun, jika tidak dimakan dalam jumlah sedang (atau dihindari sepenuhnya) mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Beberapa dari produk ini jelas berbahaya, tetapi karena mereka adalah penghasil uang yang menguntungkan, mereka tetap berada di rak. Lainnya kurang jelas, tetapi bila dimakan dalam jumlah banyak, makanan mahal itu dapat memiliki efek samping yang buruk. Berikut catatan yang dikutip dari za.investing.com.

1. Diet Cola

blank

Diet cola menggambarkan dirinya sebagai alternatif yang sehat untuk cola biasa. Lagi pula, ini bebas gula! Dan, itu tidak memiliki kalori. Ini sering menjadi minuman pilihan bagi para pelaku diet di mana pun. Meskipun Mayo Clinic mengatakan bahwa tidak apa-apa jika dikonsumsi dalam jumlah minimal, orang yang minum lebih dari satu kaleng sehari dapat mengalami bahaya serius.

Menurut Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa diet cola bukanlah “diet”. Pemanis buatan dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis, kerusakan gigi (karena tingkat pH asam), dan peningkatan risiko osteoporosis, depresi, dan penyakit jantung. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan 100%, tetapi Anda mungkin ingin mengurangi diet cola atau menghindarinya sama sekali.

2. Hot Dog

blank

Hot dog adalah makanan olahan yang mengandung banyak bahan selain daging hewan. Di antaranya adalah maltodekstrin yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada usus dan lambung.

3. Sarapan Sandwich

blank

Mungkin tergoda untuk segera membeli sandwich sarapan dari restoran cepat saji. Dan, tidak dapat disangkal bahwa sandwich ini enak. Namun, Anda bisa benar-benar merugikan tubuh dengan memakannya setiap hari. Meski sesekali bukan masalah, sandwich sarapan mengandung kolesterol tinggi.

Menurut The Nutrition Twins, makan sandwich sarapan cepat saji tiga kali seminggu dapat membuat Anda bertambah delapan pound setahun, berkat tiga ratus kalori ekstra dari sandwich yang tidak akan Anda dapatkan jika Anda tetap makan di rumah.

4. Irisan Keju Amerika

blank

Keju imitasi seringkali memiliki kemasan yang menyesatkan. Produk-produk ini, alih-alih dibuat dengan bahan-bahan seperti lemak susu seperti keju biasa, mengandung minyak nabati, lemak trans, perasa, dan pengawet. Semua bahan ini membuat keju tiruan jauh lebih tidak sehat daripada keju asli. Anda dapat mengidentifikasi keju imitasi antara lain, karena harganya jauh lebih murah daripada keju asli.

5. Dressing Salad Komersial

blank

Sayuran sangat sehat, tetapi masalahnya adalah banyak dari sayuran itu sendiri tidak terasa enak. Anda bisa membuat salad super mewah, tapi akan sedikit membosankan kecuali Anda menambahkan saus. Dan itu bagus, tetapi Anda mungkin ingin menjauh dari saus salad komersial.

Banyak di antaranya sarat dengan minyak nabati, gula, dan lemak trans, yang semuanya tidak sehat. Mereka juga cenderung mengandung bahan kimia buatan. Bahan-bahan tidak sehat ini mengurangi manfaat salad. Sebagai gantinya, cobalah membuat saus salad sendiri dari minyak zaitun, cuka, dan sedikit garam dan merica. Lain kali Anda berbelanja di Costco, perhatikan labelnya dengan lebih cermat.

6. Cupcake Pra-Paket

blank

 

Kue mangkuk kemasan adalah makanan penutup yang lezat, tetapi kandungan nutrisinya akan membuat Anda merasa sangat tidak enak di mulut. Sayangnya, sebagian besar kemasan ini mengandung hampir tiga kali nilai gula harian yang direkomendasikan.

Bahan lainnya adalah sirup jagung fruktosa tinggi, yang dapat berkontribusi pada perkembangan tekanan darah tinggi atau sindrom metabolik. Konsumsi produk ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan perlemakan hati, di antara penyakit degil lainnya. Seperti yang lainnya, ini harus dimakan secukupnya.

7. Beruang Bergetah

blank

Setiap kantong Gummy Bears hanya berisi 0,2 pon permen karet. Namun, jumlah kecil ini menyembunyikan setara dengan 12 sendok teh gula. Ini antara dua dan tiga kali asupan harian yang direkomendasikan untuk seorang anak.

Selain risiko akibat asupan gula yang berlebihan, Gummy Bears juga mengandung bahan buatan seperti pewarna berbahan dasar minyak bumi, yang dapat berkontribusi pada perkembangan masalah seperti defisit perhatian atau hiperaktif.

8. Ramen Instan

blank

Sup Maruchan adalah makanan yang sangat populer karena harganya yang terjangkau, hanya tiga belas sen per paket. Ini juga sangat mudah untuk dipersiapkan. Namun, karena kandungan seratnya yang rendah, seporsi sup ini hampir tidak akan memuaskan Anda.

Selain itu, Sup Maruchan sangat tinggi sodium: setiap wadah menyediakan setengah dari nilai harian yang direkomendasikan. Mengkonsumsi produk ini sering dapat menyebabkan masalah seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, di antara penyakit lainnya.

9. Roti Murah

blank

Roti tawar murah sangat penting untuk membuat bekal praktis untuk dibawa ke sekolah dan kantor. Itu tidak akan merusak bank, dengan biaya kurang dari USD 1 per roti. Namun salah satu alasan mengapa produk ini begitu sering dikonsumsi adalah karena dapat membuat ketagihan.

Ini karena mengandung gula yang membantu proses fermentasi roti. Selain itu, banyak merek yang menggunakan lemak dan garam dalam jumlah tinggi yang dapat membahayakan kesehatan Anda secara berlebihan. Selain itu, sebagian besar roti ini tidak memiliki banyak serat, sehingga tidak akan membuat Anda kenyang.

10. Pancake

blank

Meskipun merupakan salah satu sarapan favorit anak-anak dan orang dewasa, pancake tidak terlalu sehat. Sebagai permulaan, mereka cenderung memiliki garam dan pengawet dalam jumlah tinggi yang harus dihindari dalam diet seimbang. Selain itu, biasanya mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Beberapa dari mereka juga memiliki minyak kedelai terhidrogenasi sebagian, yang bukan merupakan salah satu lemak tersehat di luar sana.

11. Air Kelapa

blank

Tentu, ada banyak manfaat air kelapa. Ini memiliki elektrolit, dan sangat menghidrasi. Namun, berhati-hatilah dengan air kelapa jika Anda mencoba menghitung kalori. Seperti banyak minuman olahraga lainnya, air kelapa mengandung 45-60 kalori per porsi delapan ons.

Jika dibumbui, mungkin juga tinggi gula. Ada kekhawatiran ketiga dengan air kelapa, dan hal itu dapat menyebabkan kadar potasium Anda menjadi terlalu tinggi. Tapi, itu hanya jika Anda meminumnya dalam jumlah banyak. Konsumsi berlebihan minuman ini juga dapat menyebabkan sakit perut, jadi perhatikan saja seberapa banyak Anda minum atau Anda mungkin akan meraih Imodium.

12. Permen Karet

blank

Banyak merek permen karet mempromosikan dirinya dengan memamerkan manfaatnya. Beberapa menjanjikan napas segar dan bahkan gigi yang lebih putih dan bersih. Namun, ada beberapa masalah mulut yang terkait dengan konsumsi produk ini.

Beberapa permen karet dapat menimbulkan masalah seperti sakit perut, diare, dan nyeri rahang, terutama jika permen karet tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi. Selain itu, ada juga laporan anak-anak yang mengalami sesak napas setelah menyalahgunakan permen karet. Pikirkan baik-baik sebelum Anda mengambil paket di kasir Target.

13. Sereal Beras Berlapis Cokelat

blank

Sereal beras berlapis cokelat sering diiklankan sebagai pilihan yang bagus untuk sarapan si kecil. Apa yang tidak diiklankan, tentu saja, adalah bahwa mereka adalah salah satu sereal paling berbahaya di pasaran.

Satu porsi sereal ini menyediakan antara 55 dan 73 persen dari total gula yang direkomendasikan untuk anak-anak dalam sehari. Selain itu, banyak dari jenis ini juga memiliki pewarna yang terkait dengan perkembangan hiperaktif dan gangguan defisit perhatian.

14. Cangkir Yogurt Anak-Anak

blank

Banyak merek berjanji untuk membantu anak-anak tumbuh sehat dan kuat, tetapi kenyataannya sangat berbeda. Cangkir yogurt yang ditujukan untuk anak-anak sebagian besar terdiri dari gula, lemak, dan pewarna buatan, konsumsi berlebihan yang dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan.

Di antara risiko tersebut adalah diabetes, masalah metabolisme dan jantung, serta obesitas. Seolah itu belum cukup, kelebihan lemak yang dikandung beberapa produk ini bisa menjadi karsinogenik. Jadi, meskipun mungkin ada banyak kalsium di dalamnya, ada baiknya mempertimbangkan risikonya!

15. Saus Pedas

blank

Tidak diragukan lagi bahwa saus pedas adalah salah satu bumbu paling populer di luar sana. Karena rasanya yang serba guna, dapat digunakan dalam banyak sekali hidangan, mulai dari camilan sederhana hingga makanan yang lebih rumit. Tidak ada satu makanan pun yang tidak bisa dibuat lebih menarik dengan menambahkan saus pedas.

Tapi meski pedasnya saus ini adalah daya tariknya, tapi juga bisa merusak lapisan perut kita dan menyebabkan gastritis. Hal yang paling masuk akal untuk dilakukan adalah mengkonsumsi produk ini dalam jumlah sedang dan memperhitungkan efek negatifnya terhadap kesehatan kita – bahkan jika itu dapat dibeli dengan harga murah di Amazon!

16. Kopi

blank

Kopi tidak diragukan lagi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Orang suka meminumnya, dan banyak yang tidak bisa membayangkan memulai pagi mereka tanpa cangkir panas (atau es). Tapi meski bisa memberi Anda energi untuk memulai hari, konsumsinya yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan Anda.

Terlalu banyak konsumsi kopi dapat menyebabkan masalah seperti gangguan tidur atau sakit kepala. Minuman ini juga dapat dengan mudah memperburuk masalah kecemasan, dan dalam jangka panjang bahkan dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Starbucks menghasilkan ratusan juta setahun, karena kopi juga membuat ketagihan.

17. Daging

blank

Anda mungkin pernah mendengar bahwa daging adalah bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Namun, konsumsi daging ini secara berlebihan juga berisiko bagi kesehatan. Banyak daging yang beredar di pasaran saat ini mengandung pestisida yang dikonsumsi oleh hewan, yang tetap berada di dalam tubuhnya untuk kita konsumsi.

Sebagian besar daging merah juga mengandung hormon dan antibiotik yang diberikan kepada hewan untuk mempercepat pertumbuhannya. Proses peternakan sering menggunakan hormon seperti testosteron, estradiol, dan progesteron pada ternaknya, yang kemudian menetes ke manusia, menimbulkan masalah. Ikan, tidak lebih baik, karena mengandung logam berat seperti merkuri. Tapi tetap saja, itu tidak menghentikan perusahaan seperti Tyson Foods menghasilkan miliaran.

18. Popcorn Rasa

blank

Popcorn alami bisa menjadi camilan yang enak dan sehat, karena rendah kalori. Sayangnya, yang dijual siap pakai di supermarket hampir kebalikannya, apalagi ada perasa buatan. Misalnya, popcorn karamel bisa sangat tinggi gula dan lemak.

Sekantong, bahkan yang kecil, popcorn karamel dapat mengandung 12,8 sendok makan gula dan hingga 564 kalori. Tidak diragukan lagi bahwa menyiapkan makanan ringan ini di rumah dan menjaganya agar tidak beraroma adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada membelinya. Film-film Disney sama bagusnya, tidak peduli camilannya!

Nur Muktiadi