blank
Hevearita Gunaryanti Rahayu menghadiri gladi bersih acara pelantikan Walikota Semarang di Gedung Gradika Bakti Praja, Minggu (29/1/2023) sore. Foto: hp

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pelaksana tugas atau Plt. Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu segera resmi menyandang status Wali Kota Semarang menggantikan posisi Hendrar Prihadi yang kini menjabat Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik (LKPP RI).

Senin (30/1/2023) siang, Mbak Ita, panggilan akrabnya akan dilantik oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Gradika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernuran, Jalan Pahlawan Semarang.

Dalam pelantikan Mbak Ita sebagai orang pertama di Kota Semarang tersebut akan dihadiri oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan sejumlah pejabat serta tamu undangan lainnya.

“Habis acara pelantikan, Pemerintah Kota Semarang menggelar tasyakuran dengan mengundang masyarakat, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat di halaman balaikota Semarang,” katanya di sela-sela acara gladi bersih pelantikan di Gedung Gradika Bhakti Praja, Minggu (29/1/2023) sore.

Sesuai prosedur pemerintahan, jabatan Wali Kota Semarang yang akan segera diemban Mbak Ita memang pantas disematkan kepada perempuan yang sejak 2016 menjabat Wakil Wali Kota Semarang tersebut.

Di kalangan partai pengusungnya, PDI Perjuangan, Mbak Ita merupakan politisi yang ulung. Dia sangat piawai dalam melakukan lobi-lobi politik, sehingga mampu mengegolkan ide-ide cemerlang yang menjadi gagasannya.

Tak ayal, PDI Perjuangan kala itu memasangkan dirinya bersama Hendrar Prihadi sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang dalam pilkada yang dua kali periode dimenangkannya.