blank
Ilustrasi seseorang mengalami mabuk durian. Foto: ilustrasi mabuk durian (pexels)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Durian atau ‘King of Fruit’ merupakan salah satu buah yang banyak disukai orang. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi dapat menyebabkan efek mabuk durian. Ternyata di balik kelezatan durian, ada pantangan untuk tidak terlalu banyak memakannya. Lalu bagaimana cara mengatasi mabuk durian ini? Simak ulasannya berikut ini.

Durian memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan seperti meredakan gejala tekanan darah tinggi, meredakan demam, meredakan gejala liver, mempercepat penyembuhan luka dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan mabuk durian.

Tanda kamu mengalami mabuk durian adalah ketidaknyamanan pada perut, buang gas terus-menerus, diare, muntah, atau bahkan reaksi alergi pada sebagian orang. Walaupun digolongkan dalam buah-buahan, mengonsumsi durian berlebihan juga tidak baik dan memberikan efek samping.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Makan Buah Durian Dapat Membuat Darah Tinggi?

Dilansir dari doktersehat.com, selain membatasi konsumsi buah durian agar tidak berlebihan, simak beberapa cara mengatasi atau menghilangkan mabuk durian

1. Minum air dari kulit durian
Salah satu alternatif cara mengatasi mabuk durian yang sudah dilakukan secara turun-temurun dengan mengisi kulit durian bagian dalam dengan air lalu meminumnya. Meskipun cara ini belum dapat dibuktikan secara sains, namun beberapa orang mengaku berhasil menghilangkan mabuk durian dengan cara melakukan ini.

2. Minum air hangat dan garam
Selain air dari kulit durian, ada pula cara mengatasi mabuk durian yang dilakukan dengan cara minum air hangat yang telah diberi sejumput garam di dalamnya.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penuaan Dini, Simak 9 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan

Meskipun sama-sama tidak dilandasi dengan bukti penelitian secara ilmiah, namun beberapa orang beranggapan bahwa campuran air hangat dan garam dapat menetralkan kondisi tubuh yang seolah melayang, pusing, dan tegang setelah mengkonsumsi buah durian.

3. Makan buah manggis
Jika buah durian mendapat julukan “raja buah” maka manggis adalah “ratu”-nya. Hal ini dikarenakan menurut kepercayaan kuno, buah durian mengandung zat yang membuat tubuh menjadi panas sedangkan buah manggis mengandung zat yang membuat tubuh menjadi dingin kembali.

Benarkah demikian? Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebenarnya buah manggis sangat baik untuk dikonsumsi, baik bersama maupun tanpa buah durian. Pasalnya, buah manggis kaya akan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, salah satunya vitamin B kompleks. Kandungan vitamin B kompleks, seperti thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3), dan folat (vitamin B9), yang mudah larut dalam tubuh ini membantu tubuh dalam proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Baca Juga; Festival Jajan Durian dan Kuliner Jadul di Alun-alun Wonogiri, Catat Ini Jadwalnya

Buah durian kaya akan karbohidrat dan gula, sehingga mengkonsumsi buah manggis setelahnya akan membantu mempercepat proses metabolisme karbohidrat dan mengurangi kadar gula dalam darah.

4. Minum susu
Beberapa orang mengatakan bahwa susu merupakan obat yang tepat untuk menghilangkan hangover atau perasaan mabuk.

Ian Marber, seorang ahli gizi, menyebutkan bahwa susu mengandung protein yang disebut kasein. Protein tersebut dapat melawan alkohol dan membantu tidur. Meski demikian, susu sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan durian. Pasalnya, susu memiliki cita rasa yang manis, begitupun dengan buah durian.

Baca Juga: Lima Dampak Buruk Mengonsumsi Mi Instan bagi Kesehatan

Mengkonsumsi keduanya dalam jangka waktu berdekatan akan justru dapat mengakibatkan kenaikan kadar glukosa secara drastis. Ian Marber mengungkapkan, jenis makanan seperti walnut dan apel yang kaya akan serat dan lemak akan jauh lebih baik dibandingkan mengkonsumsi susu saat mabuk, apalagi mabuk yang diakibatkan makan durian terlalu banyak.

5. Minum air kelapa
Air kelapa merupakan obat alami yang manjur untuk menghilangkan mabuk durian. Pasalnya, air kelapa mengandung gula alami dan kalium yang dapat secara langsung mengatasi dehidrasi akibat mabuk atau keracunan.

Air kelapa kaya akan kalium yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan fungsi saraf dan otot yang tegang akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah durian.

Baca Juga: Ini Manfaat Jagung Rebus bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Selain itu, kombinasi kalium dan sodium dalam air kelapa juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi akibat tingginya kadar glukosa dalam darah usai mengkonsumsi buah durian.

6. Paracetamol
Reaksi paling umum yang terjadi ketika terlalu banyak mengkonsumsi buah durian adalah kenaikan kadar glukosa dalam darah. Gejalanya bervariasi mulai dari penglihatan kabur, mual, hingga pusing.

Pada beberapa kasus, kondisi tersebut membutuhkan penanganan khusus yang melibatkan penggunaan obat, misalnya insulin untuk penderita diabetes, serta paracetamol. Paracetamol biasanya digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan mabuk durian, apalagi jika disertai oleh pusing atau sakit kepala.

Namun, sebelum mengkonsumsi obat-obatan apapun, termasuk paracetamol, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pasalnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi paracetamol setelah makan buah durian dapat meningkatkan risiko terjadinya hyperthermic effect dan keracunan.

Claudia