blank
Ilustrasi mi instan. Foto: pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mi Instan jadi makanan sejuta umat ini sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat. Rasanya yang begitu nikmat dan harganya yang terjangkau membuat mi instan dijadikan sebagai malaikat penolong dikala sedang bokek.

Dilansir dari Suara.com, jika dikonsumsi hanya beberapa kali dalam sebulan atau seminggu tidak akan memberikan dampak yang berarti bagi kesehatan.

Akan tetapi jika mi instan dikonsumsi cukup sering, bahkan dikonsumsi setiap hari maka tentu saja hal ini akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari halodoc.com berikut adalah dampak buruk mi instan bagi kesehatan.

Baca Juga: Ini Manfaat Jagung Rebus bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Diabetes

Tak disangka-sangka jika dengan terlalu sering mengonsumsi mi instan akan menyebabkan diabetes. Ternyata hal ini disebabkan oleh kandungan karbohidrat dalam mi instan. Kandugnan karbohidrat yang cukup tinggi dalam makanan ini dapat menyebabkan risiko terkena penyakit diabetes.

Dan jika seseorang sudah memiliki penyakit ini, maka dengan terlalu banyak mengonsumsi mi instan akan memperburuk kondisi penderita diabetes.

2. Sakit kepala kronis

Hati-hati dalam mengonsumsi mi instan, mengonsumsinya dalam porsi banyak dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala kronis.

Baca Juga: Empat Manfaat Sari Kurma bagi Kesehatan yang Jarang Kita Ketahui

Hal ini dikarenakan adanya kandungan MSG dalam mi instan. mengonsumsi MSG secara berlebih dapat menyebabkan sakit kepala ringan sampai sakit kepala kronis.

3. Gangguan hati

Hati adalah organ dalam tubuh yang fungsi utamanya sebagai penetral racun dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa mi instan adalah makanan yang mengandung bahan pengawet.

Artinya semakin banyak mengonsumsi mi instan, maka semakin banyak pula bahan pengawet yang harus dinetralkan oleh hati. Hal inilah yang kemudian dapat menggangu kinerja organ hati.

Baca Juga:7 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Simak yuk…

Selain bahan pengawet, tingginya kandungan garam dalam mi instan memiliki risiko menyebabkan kerusakan pada hati.

4. Obesitas

Obesitas atau meningkatnya berat badan tak wajar juga dapat terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi mi instan. Kondisi seperti ini jika tidak diatasi dengan baik akan menimbulkan penyakit kronis yang lain.

5. Malnutrisi

Masalah lain yang bisa ditimbulkan karena terlalu banyak mengonsumsi mi instan adalah malnutrisi. Kondisi ini ini lebih rawan terjadi pada anak-anak. Jadi Anda sebagai orang tua sebaiknya membatasi jumlah mi instan yang dikonsumsi oleh anak Anda.

Itulah lima dampak buruk bagi kesehatan jika konsumsi mi instan berlebihan. Semoga bermanfaat.

Claudia