blank
Pj Bupati saat memberikan arahan kepada jajaran manajamen dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R.A. Kartini Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta  mengakui bahwa ia masing  sering  mendapatkan  aduan dan keluhan masyarakat mengenai pelayanan kesehatan di Jepara. Akibatnya banyak warga Jepara yang lebih memilih berobat di luar Jepara. Oleh sebab itu pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Jepara harus ditingkatkan. Jajajaran pelanan kesehatan harus berbenah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pj Bupati saat  memberikan arahan kepada jajaran manajamen dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R.A. Kartini Kabupaten Jepara. Arahan tersebut disampaikan dalam acara Diseminasi Informasi Pelayanan RSUD R.A. Kartini Kabupaten Jepara di Aula Sultan Hadlirin, Gedung OPD Bersama pada Selasa, (24/1/2023). Turut hadir dalam acara yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun beserta jajaran terkait.

Menurut Pj Bupati, apa yang kita kerjakan disini kalau kita sendiri yang menilai tentu menjadi baik. “Karena itu kita harus mendengarkan danresponsif terhadap keinginan masyrakakat dan memperhatikan peningkatan pelayanan sesuai denganm harapan masyarakat,” ujar Edy.

Edy Supriyanta pada kesempatan tersebut juga memberikan tiga arahan pada RSUD R. A. Kartini Jepara. Pertama, perbaiki citra dalam masyarakat mengenai bagaimana tanggapan pasien dan masyarakat terhadap rumah sakit. Kepuasan pasien pasca berobat dan citra di tengah masyarakat perlu untuk dilakukan survey secara keseluruhan. Respons cepat dan konsisten ketika ada keluhan masyarakat yang masuk agar segera ditindak lanjuti.

Kedua, kesiapan sumber daya manusia dalam melayani pasien. Hal tersebut terkait dengan jam operasional yang tepat waktu,  kesiapan dokter dan perawat yang hadir tepat waktu serta keramahan dalam pelayanan pada pasien.

Ketiga, kesiapan sarana dan prasarana. Ketersediaan kamar untuk rawat inap, unit gawat darurat, laboratorium, hingga metode pembayaran di kasir yang tidak menyebabkan antrean panjang dan standar berapa lama pelanggan ditangani.

Plt Direktur RSUD R.A. Kartini Kabupaten Jepara dr. Triyono Teguh Widodo mengatakan bahwa Ia dan jajaran berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas pelayanan bagi masyarakat demi kemajuan RSUD R.A. Kartini Jepara. “RSUD R.A. Kartini adalah rumah sakit tipe B dan sudah menyelesaikan survey akreditasi dengan hasil paripurna,” terangnya.

Menurut Triyono Teguh Widodo, manajemen dengan didukung seluruh karyawan berupaya melakukan inovasi yang perlu didideminasikan pada pihak terkait. Rumah sakit berharap pertemuan kali ini bisa belangsung dua arah dan produktif untuk pengembangan serta perbaikan pelayanan,” ujar  Triyono.

Hadepe