Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Setelah mengetahui kandungan manfaat di balik buah kurma, maka tidak ada salahnya kita mengetahui manfaat sari kurma untuk kesehatan. Sari kurma merupakan cairan yang berasal dari buah kurma yang telah direndam menggunakan air panas, dihaluskan juga telah melewati proses penyaringan.

Dilansir dari Suara.com, Kandungan gizi yang terkandung di dalam cairan ini tidak berbeda jauh dengan buah kurma, yakni kaya akan antioksidan, vitamin, serta mineral yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, kandungan vitamin serta mineral dalam sari kurma dinilai lebih tinggi dibanding buah kurma asli.

Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut 4 manfaat sari kurma untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

1. Membantu mengontrol gula darah

Sari kurma ini dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah karena mengandung serat yang tinggi. Serat tersebut dapat mengurangi adanya penyerapan glukosa, setelah kita mengonsumsi asupan yang tinggi akan karbohidrat. Dengan demikian, kadar gula dalam darah kita tidak akan langsung melonjak.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam sari kurma cukup tinggi, sekitar 1,7 gram dalam satu sendok makan (15 gram). Oleh karena itu, sari kurma dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, seperti mencegah sembelit.

Penelitian yang dipublikasikan di dalam The British Journal of Nutrition pada tahun 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi kurma bisa membantu melancarkan pergerakan otot usus, mengurangi kadar amonia di dalam feses.

Baca Juga: Lima Manfaat Minyak Almond Bagi Kecantikan Yang Wajib di Coba

3. Mengurangi risiko terkena penyakit

Antioksidan di dalam sari kurma dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit, karena antioksidan bisa melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit.

Salah satu jenis senyawa antioksidan yang terdapat di dalam sari kurma adalah polifenol, yang di mana menurut riset yang dipublikasikan dalam Nutrition research (2016) dapat membantu mengurangi adanya peredangan serta risiko terkena gangguan pembuluh darah di jantung.

4. Mencegah hipertensi

Kandungan kalium yang terdapat di dalam satu sendok makan sari kurma adalah sekitar 138 gram. Kalium ini dapat bekerja untuk menurunkan tekanan darah yang kemudian mencegah hipertensi.

Demikian 4 manfaat sari kurma bagi tubuh. Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk tetap membatasi diri dalam mengonsumsi sari kurma, mengingat kalori yang dihasilkan bisa mencapai tiga kali lebih tinggi dibanding buah aslinya.

Claudia