blank
Buah Durian yang kaya akan manfaat. Foto: Buah Durian (pexels)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Durian merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama durian diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan tajam sehingga menyerupai duri.

Buah durian sendiri mengandung kalsium, kalium, serta vitamin B1 dan B2 yang dapat memberikan berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi. Buah durian juga mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi.

Dilansir dari halodoc.com nah, selain rasanya yang membuat ketagihan, buah durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui

1. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan antioksidan pada buah durian menjadi salah satu zat yang bisa menjaga dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini membuat tubuh terhindar dari perubahan sel-sel menjadi abnormal yang dapat memicu penyakit kanker.

2. Mengatasi Insomnia
Buah durian mempunyai kandungan senyawa bernama triptofan yang dapat memberikan efek mengantuk. Kemudian, buah ini juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks, kalsium dan zat besi yang juga baik untuk kualitas tidur. Oleh karena itu, apabila kalian mengalami insomnia sebaiknya bisa mengonsumsi durian secara teratur.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Hampir serupa dengan buah lainnya, durian juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Terpenuhinya kebutuhan serat membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Bahkan, jika kamu mengalami konstipasi atau sembelit, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah durian untuk melancarkan buang air besar.

Selain itu, kandungan serat dalam buah durian juga merangsang gerakan peristaltik pada pencernaan. Hal ini membuat durian mampu mengatasi perut kembung, sakit perut, hingga kram perut.

4. Mencegah Penuaan Dini
Buah durian yang mempunyai kulit berduri dan daging buahnya berwarna kuning cerah ini juga mengandung banyak antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan dan ini bisa membantu kamu lebih awet muda.

5. Mencegah Munculnya Nyeri
Durian memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Dengan begitu, kebutuhan vitamin C pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat memicu rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, khususnya sendi.

Jadi, tidak ada salahnya coba untuk mengonsumsi buah durian agar kebutuhan vitamin C terpenuhi sehingga kamu terhindar dari rasa nyeri pada tubuh.

6. Menghindari Penuaan Dini
Buah durian kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh mencegah paparan radikal bebas, termasuk pada kulit. Semakin rendah paparan radikal bebas pada kulit, maka kulit akan semakin sehat. Hal ini membuat gejala penuaan dini berkurang.

7. Menjaga Kesehatan Tulang
Siapa sangka buah durian juga bisa membantu kamu menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium dan potasium pada durian dapat memengaruhi kondisi tulang menjadi lebih sehat.

Saat tubuh kekurangan magnesium dan potasium kamu dapat berisiko mengalami osteoporosis. Jadi, tidak ada salahnya memasukan durian dalam menu camilan kamu di sore hari agar manfaatnya bisa kamu rasakan.

8. Menurunkan Risiko Kanker
Selain kandungan antioksidan, buah durian juga mengandung polifenol yang mana mempunyai efek antikanker. Oleh karena itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang berwarna kuning ini juga membantu memberikan efek yang sama yakni dapat menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya.

9. Baik untuk Daya Tahan Tubuh
Salah satu vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh adalah vitamin C guna menangkal penyakit akibat infeksi. Nah, buah durian ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga buah ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Penting untuk diketahui, sebaiknya jangan mengonsumsi durian bersama dengan pengonsumsian alkohol.

Claudia