blank
Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, Kakak Hesti Nugroho dan Kakak Arif Darmawan Ketua Majelis Pembimbing Saka Milenial.

JEPARA (SUARABARU.ID)– Bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Jepara, Rabu (25/1/2023) Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, Kakak Hesti Nugroho melantik Pengurus Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong, dan Instruktur Satuan Karya (Saka) Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital (Milenial) Kwartir Masa Bakti 2022-2025.

Disaksikan secara langsung oleh para anggota Saka Milenial, penyematan emblem dan prosesi pembacaan ikrar berjalan dengan lancar. Kepala Diskominfo Jepara, Kakak Arif Darmawan menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Milenial.

Dalam sambutannya, Kakak Arif Darmawan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kwarcab Jepara atas dilantiknya pengurus Saka Milenial masa bakti 2022-2025. Saka Milenial merupakan gagasan Gubernur Jawa Tengah dalam menjawab tantangan era digital.

Menurutnya, tantangan jaman tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dikenal dengan disrupsi informasi. Kakak Arif Darmawan berharap, agar dalam menggunakan media sosial harus hati-hati.

“Kalau kita tidak bijak dalam mengelola informasi di era sekarang ini, justru akan memperkeruh dinamika di media sosial,”katanya.

Lanjut Kakak Arif, seringkali ditemukan berita-berita hoak dan ujaran kebencian di media sosial. Untuk itu, Saka Milenial yang baru saja dilantik harus menjadi garda terdepan dalam memerangi berita hoak tersebut.

“Informasi saat ini tidak seperti air bah, tetapi sudah menjadi tsunami informasi. Kita harus menjadi elemen penting memberi edukasi dan keteladanan dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat,”terangnya.

Sementara itu Kakak Hesti Nugroho menyampaikan selamat dan sukses dilantiknya Saka Milenilal sebagai mitra teknologi informasi digital Kwarcab Jepara. Sasarannya adalah pelajar Pramuka SMA dan Mahasiswa, agar mereka cakap digital. Tujuannya untuk lebih berbudaya, beretika, dan savety digital.

Saka Milenial dibentuk sebagai wadah bagi anggota muda pramuka yang tertarik dalam teknologi informasi komunikasi. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak generasi muda untuk dapat bergabung, dan bersama-sama meningkatkan potensi diri dalam menghadapi era industri 4.0.

Dirinya mengajak para anggota Saka Milenial dalam menangkal berita bohong atau hoax yang beredar di daerah melalui sosial media. Diharapkan, anggota Gerakan Pramuka mampu menjadi pelopor dalam penggunaan sosial media internet, sehingga teknologi informasi dapat digunakan dengan bijak dan bermanfaat.

“Potensi Saka Milenial sangat luar biasa, untuk menjadi pasukan khusus dalam menyampaikan informasi yang benar, sehingga dapat menangkal informasi hoak,”ujarnya.

ua/diskominfo