blank
Kehadiran Ganjar di Kelenteng Tien Kok Sie, yang ada di Pasar Gede, Surakarta, membuat pengunjung tempat ibadah itu, berebut untuk bersalaman. Foto: hms

SURAKARTA (SUARABARU.ID)– Kehadiran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Kelenteng Tien Kok Sie, di Pasar Gede, Surakarta, menambah kemeriahan perayaan malam Tahun Baru Imlek 2574/2023, Sabtu (21/1/2023) malam. Ini adalah kali pertama perayaan dilakukan secara terbuka, setelah pandemi covid-19.

Ganjar, bahkan harus turun dari mobil dan berjalan kaki sekitar 200 meter, karena Jalan RE Martadinata menuju kelenteng, dipenuhi warga. Sontak, warga yang melihat kehadiran Ganjar, langsung berebut bersalaman dan berswafoto.

Di komplek kelenteng yang diyakini berdiri sejak 300 tahun silam itu, sedang digelar berbagai acara. Di antaranya panggung musik, bazaar dan pemasangan lampion warna merah serta kuning.

BACA JUGA: Mahasiswa Unimma Lakukan Penguatan Kapabilitas dan Kelembagaan Peguyuban Usaha Pothil

Setelah sampai di kelenteng, Ganjar langsung menemui umat Khong Hu Cu dan mengucapkan selamat. ”Setelah tiga tahun tidak bisa merayakan karena pandemi, hari ini Kota Solo merayakan Imlek. Dan ternyata di Pasar Gede ramainya minta ampun,” ujar Ganjar.

Perayaan tahun baru Imlek, katanya, merupakan momentum kebahagiaan. Selain itu, situasi yang kembali normal, menjadikan perayaan-perayaan mampu menumbuhkan perekonomian.

”Pasti malam ini banyak orang yang berbahagia. Malam ini ekonominya tumbuh dan saya titip tetap jaga kekompakan, jaga keamanan bersama, ciptakan kebahagiaan dan kegembiraan bersama-sama. Dan selamat buat yang merayakan Imlek,” paparnya.

BACA JUGA: Drs RMP Sosrokartono, Sang Mentor di Panggung Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

Gubernur Jateng dua periode itu, juga mengapresiasi tim gabungan keamanan, di antaranya TNI, Polri, Banser dalam menjaga ketertiban jalannya perayaan Imlek.

”Tadi kawan-kawan Banser, ada linmas, TNI dan Polisi juga, menjaga ketertiban bersama. Tetapi yang penting, masyarakat saling menjaga,” pesannya.

Riyan