Rektor Undip Prof Yos Johan Utama (kelima dari kiri), berfoto bersama dengan Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana Ventura (keempat dari kanan), beserta pengurus KONI Jateng lainnya, seusai audiensi di Rektorat Undip. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, mengatakan, pihaknya siap mendukung program pembinaan olahraga KONI Jateng, dalam mencetak prestasi di kancah Nasional.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menemui tim KONI Jateng, yang dipimpin Ketua Umum Bona Ventura Sulistiana, saat melakukan audiensi yang dilakukan di Ruang Rektorat, belum lama ini.

”Banyak hal yang bisa kami kerjakan untuk KONI Jateng. Tergantung apa yang dibutuhkan KONI,” kata Yos, menyampaikan kesanggupannya untuk membantu keolahragaan di Jateng.

BACA JUGA: Nekad Jambret Handphone Cinta, “Jagal Wedus,” Diamuk Warga

Disampaikan juga oleh Rektor, dalam penerimaan mahasiswa, Undip memiliki jalur khusus yakni Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Jalur ini menerima calon mahasiswa dengan prestasi di berbagai sektor, mulai dari olahraga, keagamaan, sains dan teknologi.

”Keagamaan, misalnya tahfidz Quran, olahraga, sains dan teknologi bisa kami terima,” imbuhnya Rektor.

Syarat minimal untuk diterima lewat jalur ini, yakni Juara I (tingkat provinsi), dan Juara I, II, III (Nasional dan internasional). Juara itu diselenggarakan oleh lembaga yang kompeten, misalnya olahraga oleh KONI dan Pengprov Cabang Olahraga.

BACA JUGA: Propam Polda Jateng Lakukan Gaktiblin di Polres Blora Secara Mendadak

Namun ketika sudah menjadi mahasiswa, perlakuannya sama dengan mahasiswa program lainnya. Misalnya, presensi kehadiran harus 75 persen.

”Kondisi ini sepertinya sulit dipenuhi oleh atlet Jateng, yang harus latihan keras tiap harinya. Kalau sekadar bisa diterima dan masuk Undip bisa saja. Tetapi untuk memenuhi persyaratan akademis seperti kehadiran kuliah, kami tidak bisa memberi toleransi. Sistemnya sangat ketat,” papar Yos.

Namun demikian, Undip tetap bisa berperan dalam pembinaan olahraga. Salah satunya pendampingan untuk psikologi atlet, yang bekerja sama dengan Fakultas Psikologi.

BACA JUGA: Presiden Perintahkan Ganjar Waspadai Kemiskinan dan Stunting

Gambaran kerja sama seperti yang disampaikan Rektor, disambut hangat tim KONI Jateng. Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, yang mewakili Bona untuk berbicara, menyampaikan apresiasinya atas kesanggupan Rektor Undip itu.

Bambang pun menyebut, pembinaan psikologi bagi atlet penting untuk dilakukan. ”Atlet pun butuh pembinaan psikologi, sehingga muncul rasa percaya diri dalam bertanding. Dan sebaliknya, juga tidak boleh over confidence,” ungkapnya.

Dijelaskan juga oleh Bambang, Rektor Undip bersama beberapa pimpinan perguruan tinggi di Jateng, juga ditetapkan dalam SK No 25 KONI Pusat, yang merupakan Dewan Penasihat dalam kepengurusan KONI Jateng.

BACA JUGA: Kasus Pemerkosaan Anak di Bawah Umur di Brebes, Kabidhumas: Akan Diungkap Tuntas

”Ini juga perlu kami sampaikan kepada Rektor Undip. Jadi kami merasa perlu untuk bersilaturahmi,” terang Bambang.

Ikut dalam rombongan tim KONI Jateng, Wakil Ketua Umum II dan III Soedjatmiko dan Harry Nuryanto, Sekum Ahmad Ris Ediyanto, Kabid Diktar Handojo dan Kabid Media-Humas Darjo Soyat, serta staf KONI Beni Thobir.

Riyan