blank
Ilustrasi Salad Yu Sheng. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Perayaan Imlek yang selalu dirayakan dengan meriah oleh etnis Tionghoa selalu menjadi kesan tersendiri setiap tahunnya. Selain liong dan barongsai, ornamen khas Imlek seperti lampion dan gambar-gambar hiasan serba merah juga ikut meramaikan semarak Imlek.

Tidak hanya itu saja, makanan khas yang selalu ada pada saat Imlek juga tidak ketinggalan. Salah satunya salad Yu Sheng. Salad Yu Sheng adalah makanan khas Imlek yang biasa dikonsumsi bersama keluarga saat Imlek.

Cara penyajiannya cukup unik, sebelum dimakan, salad tersebut diaduk menggunakan sumpit, lalu salad yang diambil menggunakan sumpit kemudian diangkat ke atas sambil mengucapkan harapan dengan suara yang lantang.

Baca Juga: Resep: Kue Bulan Khas Imlek

Hal tersebut berkaitan dengan filosofis menyantap Yu Sheng yang berisi harapan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Selain nikmat dan mengandung filosofis, salad Yu Sheng juga memiliki segudang manfaat karena di dalamnya banyak sekali vitamin yang terkandung dalam sayur-sayuran. Mengutip dari Klikdokter berikut adalah manfaat mengonsumsi salad Yu Sheng yang baik bagi kesehatan.

Salad Yu Sheng mengandung mineral yang terdapat dalam daun bawang. Kandungan beta karoten vitamin K1, serat, kalium, yang ada dalam wortel bermanfaat untuk kesehatan mata dan menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Delapan Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Menyambut Perayaan Imlek

Selain itu lobak dan timun yang ada dalam salad Yu Sheng baik untuk pencernaan karena mengandung serat.
Mengandung senyawa antibakteri yang terdapat pada rempah-rempah seperti jahe merah dan putih.

Wijen hitam mengandung kalsium, magnesium, mangan dan antioksidan dan biji labu juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung omega-6 dan asam lemak omega-3.

Salad Yu Sheng juga kerap menggunakan ikan salmon sebagai isiannya selain sayur-sayuran. Salmon baik untuk kesehatan jantung karena mengandung asam lemak omega-3.

Baca Juga: Resep Rahasia Capcay Seafood Spesial Imlek

Saus plum yang menjadi bahan baluran salad Yu Sheng mengandung kalium yang berfungsi mengurangi kadar gula darah.

Demikian tadi manfaat dari Salad Yu Sheng yang biasa disajikan ketika Imlek. Ternyata selain memiliki makna filosofis, salad Yu Sheng juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya. Selamat merayakan Imlek bersama keluarga Anda, Gong Xi Fa Cai!

Claudia