blank
Ilustrasi jintan putih. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu menyukai masakan opor atau kari, jika iya di dalamnya terdapat bumbu yang harus ada yakni jintan putih. Tahukah kamu kalau jinten putih ini adalah rempah-rempah yang terbuat dari biji tanaman Cuminum cyminum (cumin).

Akan tetapi, jintan putih ini berbeda dengan jinten hitam atau habbatussauda karena jinten putih ini dijual dalam bentuk biji kering atau bubuk halus. Rasa jintan putih ini terasa pedas dan panas hampir seperti cabai, namun sedikit pahit dan aromanya sama seperti tanah.

Kemudian rempah ini terbilang cukup populer karena kerap digunakan pada masakan khas Asia, India, Afrika dan juga Meksiko. Tidak hanya itu, jintan putih juga digunakan sebagai penyedap makanan dan dijadikan obat tradisional.

Baca Juga: Membantu Menurunkan Berat Badan, Lima Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Seperti dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah beberapa manfaat jintan putih untuk kesehatan tubuh yang mungkin jarang orang ketahui.

1. Atasi gangguan pencernaan

Jintan putih ini umumnya digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, sakit perut, dan perut kembung.

Jintan putih ini disebut bisa meningkatkan aktivitas enzim pencernaan dengan cara merangsang empedu atau mencerna lemak dan nutrisi tertentu.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Empat Manfaat Camping bagi Kesehatan

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa jintan putih dapat meringankan gejala sindrom iritasi usus besar sebanyak 57 pasien dalam waktu dua hingga empat minggu.

Dengan hasil yang menunjukkan kalau gejala sakit perut, perut kembung, sembelit atau diare ini menjadi lebih ringan setelah peristiwa.

2. Memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan

Dalam jintan putih ini terdapat bahan aktif yang mempunyai efek antiradang apabila dikonsumsi rasa sakit akibat peradangan ini dapat berkurang.

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Kemudian, zat dalam jintan putih yakni megalomicin juga memiliki sifat antibiotik dan bisa mengurangi resistensi obat dari bakteri tertentu dan bisa membunuh bakteri yang menyerang sistem imun tersebut.

3. Menurunkan kolesterol dan berat badan

Dalam jintan putih ini disebut mempunyai sifat hipolipidemik dan ini adalah zat yang bisa membantu tubuh untuk mengontrol kadar lemak tinggi yang merusak jantung.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan suplemen jintan putih dengan yoghurt sebanyak dua kali sehari dalam sebulan dan membantu mengurangi kadar trigliserida.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Empat Manfaat Lobak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jintan putih setiap hari selama tiga bulan ini bisa mengurangi berat badan, ukuran pinggang dan lemak tubuh.

Demikianlah tadi beberapa manfaat jintan putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia