Gubernur Ganjar Pranowo, bersama pelaku UMKM milenial di Solo, yang produknya dipasarkan ke Prancis. Foto: hmspemprov

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terus membuktikan komitmennya, untuk memperkuat ekonomi masyarakat. Hal itu terlihat dari keberhasilan Ganjar, mengoptimalkan event sport tourism, dan produk entrepreneur milenial.

Terkait dengan sport tourism, Ganjar bersama jajaran Pemprov Jateng, diketahui kembali berhasil menyelenggarakan berbagai event sepanjang tahun 2022. Salah satu event yang cukup bergengsi adalah, Tour de Borobudur.

Tour de Borobudur 2022 yang lalu, diikuti sebanyak 1.500 peserta. Bukan hanya dari Jateng saja, tetapi peserta Tour de Borobudur ini juga ada yang datang dari Aceh, Palangkaraya, dan berbagai daerah lainnya yang ada di Pulau Jawa.

BACA JUGA: Badiklat Hukum dan HAM Jateng Tandatangani Komitmen Bersama Pembangunan ZI 2023

Menariknya, Ganjar menggandeng difabel untuk ambil bagian dalam acara ini. Salah satunya adalah difabel asal Kota Solo, bernama Jason Santoso.

Ganjar mempercayakan Jason untuk membuat desain jersey, yang digunakan pesepada dalam event itu.

”Para penyandang disabilitas itu, kita ajak untuk mendesain. Hasilnya ditempelkan pada jersey yang ada di acara nantinya. Jadi bedanya sekarang, jersey kita buat dengan desain unik, dari anak-anak berkebutuhan khusus,” kata Ganjar.

Pedagang mainan mendapat berkah, saat digelarnya ajang lari Borobudur Marathon 2022 lalu, yang memberikan dampak ekonomi. Foto: hmspemprov

BACA JUGA: Kades Seluruh Indonesia Demo, Tuntut Perpanjangan Masa Jabatan

Event sport tourism lain, yang juga berhasil digelar adalah, Borobudur Marathon. Menggandeng Bank Jateng, Ganjar sukses menumbuhkan 35 persen UMKM baru, saat event itu diselenggarakan.

Bahkan, transaksi dalam event itu mencapai Rp 30 miliar. Nominal itu sangat tinggi, dan berpotensi positif bagi masyarakat.

Tak heran, Ganjar berharap gelaran bergengsi ini menjadi trigger bagi daerah wisata lain, untuk mengembangkan sport tourism, dan menggandeng UMKM dari masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Sanggar Seni Ngesti Laras Wonosobo Wakili Indonesia ke Thailand

Selaras dengan keberhasilan dalam mengoptimalkan sport tourism, Ganjar juga diketahui sukses memacu tumbuhnya entrepreneur milenial. Tak main-main, politisi PDI Perjuangan ini, sampai membuat berbagai kebijakan yang mendukung entrepreneur milenial.

Misalnya, Ganjar membuat program Kredit Milenial yang bertujuan untuk membantu start up hingga produknya go global. Dukungan Ganjar itu terbukti lewat keberhasilan UMKM binaan UNS dan Pemkot Surakarta, yang mengekspor produknya ke Paris, Prancis, pada November 2022 lalu.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno menjelaskan, pihaknya telah memberikan bantuan permodalan bagi kaum milenial melalui Kredit Startup Milenial. Plafon yang tersedia sebesar Rp 18 miliar, dan sudah tersalur Rp 10,49 miliar. Saat ini masih tersisa Rp 7,51 miliar.

Gubernur Ganjar Pranowo ikut berlari dalam ajang Borobudur Marathon, salah satu sport tourism yang berdampak bagi Jateng dan Nasional. Foto: hmspemprov

BACA JUGA: Jalan Mlonggo – Jepara Rusak Parah

”Kami menyasar universitas-universitas di Jateng, yang mahasiswanya ingin bergelut di bidang UMKM, dan bertekad mengepakkan sayap hingga luar negeri. Kami mengangkat milenial, karena mereka kadang sulit mencari pinjaman modal,” kata Nano, panggilan akrabnya.

Salah satu pelaku UMKM, Anggia, mengaku mendapatkan kesempatan untuk menikmati program kredit milenial dari Bank Jateng. Nominal yang diterima mencapai Rp 10 juta.

Anggia pun menyampaikan apresiasinya, dan tak bisa menutupi rasa senangnya kepada Ganjar, lantaran kredit itu menawarkan suku bunga yang rendah dan cashback.

”Angsurannya bisa dijangkau, bunganya murah dan ada cashback. Bunganya cuma tujuh persen, dan Insya Allah dibayar setahun. Kalau itu bisa, nanti dapat cashback lima persen,” ujar Anggia, yang mendapat acungan jempol dari Ganjar.

Tim SB