blank
ilustrasi daun kelor. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun Kelor atau merunggai merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain Limaran, Moringa, Ben-oil, Drumstick, Horseradish tree, dan Malunggay di Filipina.

Daun kelor ini tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, namun juga rupanya bagus untuk wajah. Pasalnya, terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ini bisa untuk mencerahkan kulit wajah hingga masalah penuaan.

DIlansir dari Suara.com, Untuk ibu hamil sendiri dan menyusui mungkin manfaat daun kelor ini juga banyak, adanya kandungan dalam kelor serta zat aktif ini rupanya bisa membuat kulit wajah akan lebih sehat.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur, Empat Manfaat Camping bagi Kesehatan

Selain itu, daun kelor juga mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Seperti dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah yang mungkin jarang diketahui oleh orang.

1. Bisa mencegah dan mengurangi jerawat

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor ini mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang mana bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Akan tetapi, manfaat daun kelor untuk mengatasi jerawat ini juga masih perlu diteliti lebih lanjut dalam tingkat keamanannya.

2. Membuat kulit wajah cerah

Daun kelor ini mempunyai kandungan vitamin C yang mana bisa mencerahkan dan juga meratakan warna kulit. Kemudian vitamin yang ada pada daun kelor ini bisa bekerja dengan jalan menekan pembentukan melanin.

Tidak hanya dapat mencerahkan kulit wajah, vitamin C pada daun kelor ini juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yakni protein yang dibutuhkan kulit dalam menjaga elastisitasnya.

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

3. Dapat mencegah penuaan

Selain vitamin, daun kelor juga mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen.

Kemudian kadar kolagen dan antioksidan tersebut mempunyai peranan penting dalam mencegah dan juga memperlambat penuaan, mengurangi bintik atau flek hitam hingga kerutan.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Dengan adanya kandungan vitamin B3 atau niacinamide yang ada dalam daun kelor ini dipercaya bisa memperbaiki tekstur lapisan kulit terluar supaya lebih halus dan lembut. Vitamin ini juga dibutuhkan kulit guna menjaga kelembapannya.

Demikianlah beberapa manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah. Semoga bermanfaat.

Claudia