blank
ilustrasi jajan khas Korea Bungeoppang. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bungeoppang merupakan jajanan khas korea yang berbentuk ikan mas. Mirip seperti waffle bentuk ikan. Rasanya manis dan legit.

Dilasnir dari Suara.com di negara asalnya, biasa diisi dengan pasta kacang merah. Walaupun ada beberapa pedagang yang menjajakan bungeoppang dengan krim custard (campuran susu atau krim dan kuning telur).

Makanan ini cocok dimakan selagi hangat. Setiap musim dingin tiba, banyak pedagang kaki lima yang menawarkan bungeoppang. Biasanya jajanan ini juga menjadi favorit anak-anak Korea.

Secara etimologi bungeoppang berasal dari bahasa Korea bungeo yang artinya ikan mas dan Ppang yang artinya roti. Jadi, maksud bungeoppang adalah roti yang berbentuk ikan mas.

Baca Juga: Resep:Pudding Edamame Sagu Pandan

Katanya bungeoppang berasal dari Jepang. Di Negeri Sakura tersebut bungeoppang dikenal dengan taiyaki, cemilan berbentuk ikan yang dikembangkan pada akhir abad ke-19. Bungeoppang menjadi terkenal, lantaran sering muncul di beberapa drama Korea Selatan. Salah satunya di serial populer Vincenzo Cassano.

Ada jajanan korea lain yang serupa dengan bungeoppang, yaitu ingeoppang. Bedanya bentuk ingeoppang lebih tipis dan memanjang. Bahan dasar pembuatanya pun berbeda. Bungeoppang berbahan dasar tepung terigu, sedangkan ingeoppang berbahan dasar tepung beras. Isian ingeoppang juga lebih banyak, sampai terlihat dari luar. Ingeoppang memiliki tekstur lebih garing dan berminyak.

Kalau Anda tertarik untuk menikmati bungeoppang, Anda bisa membuatnya sendiri dari rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat waffle ikan. Anda juga bisa mengganti isian pasta kacang dengan yang lain. Seperti krim ataupun selai. Berikut adalah resep bungeoppang atau waffle ikan ala drakor:

Baca Juga: Resep: Kue Bulan Khas Imlek

Bahan adonan:
-220 gram tepung terigu
-2 butir telur
-360 ml susu cair
-5 sdm gula oasir
-2 sdt baking powder
-¼ sdt garam

Bahan isian (bisa diganti sesuai selera) :
-Selai kacang
-Selai stroberi
-Saus cokelat
-Parutan keju

Cara membuat:
1. Ayak tepung terigu lalu masukkan telur, aduk sampai rata,
Masukkan susu cair, gula, baking powder dan garam,
2. Aduk rata hingga adonan licin. Saring adonan untuk memastikan adonan sudah licin hingga tidak ada yang menggumpal. 3. Diamkan 15 menit.

Baca Juga: Resep: Olahan Kue Keranjang

4. Panaskan cetakan waffle ikan dan beri sedikit minyak goreng atau mentega. Tunggu hingga benar-benar panas
5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh. Isi dengan isian kesukaanmu (selai kacang, stroberi, cokelat ataupun parutan keju). Tuang adonan kembali di atasnya, tutup cetakan dan tunggu sampai matang (kedua sisi bungeoppang kering)
6. Bungeoppang siap di santap

Mudah kan cara buatnya? Anda juga bisa menambah taburan gula halus di atas bungeoppang. Anda bisa menikmatinya dengan secangkir cokelat panas dan menonton drama Korea favorit Anda. Tertarik membuatnya? Silahkan mencoba.

Claudia