blank
Ilustrasi Liburan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata, rencana bepergian pun sudah dilakukan untuk menemani waktu liburan Natal dan Tahun Baru. Mengisi waktu libur ke luar kota menjadi rutinitas yang wajar bagi warga Indonesia di saat liburan seperti Natal dan Tahun Baru.

Dilanisr dari Suara.com, bukan hanya sekadar pergi berwisata ke suatu tempat, sebagian orang juga memanfaatkan momen tersebut untuk pulang kampung atau mudik. Karena bepergian tersebut tidak cukup sehari dan semua keluarga ikut, kita sering merasa khawatir tentang rumah yang akan kita tinggalkan.

Apalagi, saat ini sedang marak kasus-kasus penjarahan rumah saat ditinggal oleh pemiliknya dan beberapa kasus kebakaran saat rumah dalam keadaan kosong. Dikutip dari Instagram resmi DKI Jakarta, @dkijakarta memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita merasa aman saat meninggalkan rumah kita.

Baca Juga: Lima Tips Memilih Destinasi Liburan Akhir Tahun

Lalu, bagaimana tipsnya? Berikut 4 tips aman meninggalkan rumah saat liburan.

1. Pastikan Mencabut Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

Memastikan peralatan elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, dan alat elektronik lain agar tercabut wajib untuk dilakukan. Karena hal tersebut bisa mencegah terjadinya korsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran.

2. Nyalakan Lampu Seperlunya

Kedua kita nyalakan lampu seperlunya saja. Seperti hanya menyalakan bagian teras dan lampu jalan saja untuk menghemat listrik saat kita sedang bepergian.

3. Isi Token Listrik/Bayar Tagihan Listrik

Selain mencegah agar listrik tidak padam, mengisi token listrik juga mencegah agar tetangga tidak merasa terganggu dengan suara meteran listrik. Seperti yang sudah kita ketahui, suara yang dikeluarkan oleh meteran listrik sebagai penanda bahwa token sudah mau habis sangat kencang dan bisa mengganggu tetangga sekitar.

Baca Juga: Enam Tips Hemat Saat Traveling

4. Menitipkan Rumah dan Kunci kepada Tetangga

Menjaga kerukunan dengan tetangga sekitar rumah itu perlu dilakukan oleh kita. Saat kita terjadi sesuatu, atau kita sedang bepergian tetangga dapat diandalkan.

Kita bisa menitipkan kunci rumah dan rumah kita kepada tetangga atau ketua RT setempat. Hal ini bisa menjadi jaminan jika sewaktu-waktu rumah kita terjadi kemalingan atau hal-hal buruk lain. Tetangga akan membantu kita dalam menjaga rumah dan lingkungan kita selama kita tidak berada di rumah.

Itulah 4 tips aman meninggalkan rumah saat liburan yang bisa kita terapkan selagi kita melakukan liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Claudia