blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah menghubungi otoritas dari PT Pelni, untuk membantu ratusan wisatawan yang terjebak di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Dia meminta, agar PT Pelni bisa segera mengirimkan salah satu kapalnya untuk menjemput para wisatawan.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai menyerahkan bantuan peralatan kedaruratan bencana senilai Rp 1,5 miliar, untuk PMI Jateng, di Halaman Kantor Pemprov, Senin (26/12/2022). Ganjar juga meminta kepada para wisatawan, untuk tetap tenang.

”Kita lagi meminta kapal dari Pelni untuk ke sana. Mereka kita minta tenang dulu. Bupati pun sudah laporan ke kami,” kata dia.

BACA JUGA: Konflik Keraton Surakarta Harus Diselesaikan secara Kekeluargaan

Sambil menunggu bantuan, Ganjar meminta agar kondisi kesehatan para wisatawan diperhatikan. Mantan anggota DPR RI itu mengingatkan, agar jangan sampai para wisatawan kekurangan logistik.

”Saya minta untuk dipastikan, seluruh wisatawan jangan sampai ada yang kekurangan logistik. Pastikan kesehatannya bagus,” pintanya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 305 wisatawan terjebak di Pulau Karimunjawa, karena kapal penumpang yang akan mengangkut mereka, tidak bisa beroperasi sesuai jadwal. Hal itu disebabkan adanya gelombang laut yang tinggi.

BACA JUGA: Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah di Australia Adakan Baitul Arqam

Cuaca buruk di sekitar Karimunjawa mulai terjadi pada Kamis (22/12/2022). Akibatnya, perjalanan kapal penumpang yang biasanya melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa, dan kembali lagi ke Jepara, menjadi tertunda.

Terkait dengan cuaca buruk itu, Ganjar juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk senantiasa mengakses dan memperhatikan peringatan dari BMKG. ”kita semua siaga. Maka tiap hari, saya minta untuk membaca info dari BMKG,” tandasnya.

Riyan