blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Dok/Bidhumas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi memastikan pelaksanaan misa maupun perayaan Natal di gereja-gereja Provinsi Jawa Tengah berjalan aman.

Hal itu disampaikan Kapolda saat mengecek kesiapan personel pengamanan serta menyapa umat Nasrani yang beribadah Natal di Gereja Katolik Santa Maria Regina dan Gereja Kerajaan Allah di Kota Surakarta pada Minggu (25/12/2022).

“Pengamanan perayaan Natal sudah dilakukan sesuai SOP, baik di gereja prioritas 1,2 dan 3. Para Kapolres sudah melakukan pemetaan untuk menentukan perkuatan pengamanan,” terang Luthfi.

“Ada sebanyak 2.760 gereja se-Jateng, kami pastikan semuanya berjalan aman,” tandasnya.

Kapolda menyebut situasi perayaan Natal di Jateng sangat kondusif, sehingga warga yang melaksanakan ibadah merasa aman dan nyaman. “Lancar dan umat yang merayakan semuanya bergembira,” tandasnya.

Menurut Luthfi, pihaknya melakukan pemantauan dan analisa sebelum operasi pengamanan Nataru digelar. Potensi gangguan Kamtibmas termasuk ancaman terorisme sudah diantisipasi dengan melaksanakan koordinasi bersama BNPT dan Densus 88.

“Aksi teror dan gangguan kamtibmas menonjol lain tidak ada. Semua berjalan lancar dan aman,” tuturnya.

Ning Suparningsih