blank
ilustrasi jagung bakar. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjelang malam pergantian tahun baru 2023, kurang lengkap rasanya jika kita merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga ataupun teman.

Selain berkumpul, malam tahun baru juga identik dengan membakar jagung. Cara membuat jagung bakar sebenarnya mudah, namun butuh tips agar jagung bakar tidak gosong.

Dilansir dari Suara.com, dengan mengikuti tips membakar jagung dengan benar, dijamin jagung tidak akan gosong. Selain trik membakar yang benar, pastikan pula bumbu yang digunakan sesuai takaran.

Baca Juga: Enam Tips Memasak Ayam Goreng yang Lembut dan Matang di Dalam

Dari pada penasaran, berikut ini kami berikan tips agar jagung bakar tidak gosong lengkap dengan cara membuat bumbunya.

1. Kupas kulit jagung

Kupas jagung dan bersihkan rambut-rambut yang menempel pada jagung. Dengan mengupas kulit jagung ini membuat bumbu bisa meresap dengan sempurna. Selain itu, matangnya pun juga semakin cepat.

2. Rendam jagung di dalam air

Jika Anda memilih membakar jagung tanpa mengupas kulitnya, maka Anda harus merendamnya di dalam air terlebih dahulu. Perendaman ini ditujukan agar debu dan kotoran yang menempel di atas kulit jagung bisa hilang. Rendam jagung kurang lebih selama 20-30 menit saja.

Baca Juga: Empat Resep: Saus Olesan Jagung Bakar

3. Tiriskan jagung

Setelah selesai merendam jagung, Anda harus meniriskannya agar air rendaman hilang. Sebelum dibakar, pastikan jagung sudah kering dari air.

4. Rendam jagung dalam bumbu

Jika ingin mendapatkan rasa jagung yang lebih lezat, Anda bisa merendam terlebih dahulu jagung ke dalam bumbu. Tak perlu berlama-lama, cukup rendam maksimal 30 menit.

5. Jagung tua bisa direbus terlebih dahulu

Jika jagung yang dibeli sudah tua, maka Anda bisa merebusnya terlebih dahulu supaya ketika dibakar nanti jagung tidak bijinya.

Baca Juga: Tips Meminimalisir Resiko Akun Anda Di Hack

6. Bakar jagung di atas arang

Langkah terakhir, Anda bisa merebus jagung di atas arang. Tak perlu berlama-lama, bakar jagung utuh dengan menggunakan api yang sedang selama 5 sampai 10 menit. Jagung bakar anti gosong siap disantap!

Bumbu Jagung Bakar

Setelah mengetahui tips agar jagung bakar tidak gosong, Anda juga harus mengetahui cara membuat bumbu jagung bakar. Dengan mengoleskan bumbu, cita rasa jagung akan semakin gurih dan nikmat. Langsung saja, berikut ini bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

Bahan bumbu oles pedas manis spesial:
– Saus sambal 5-7 sendok makan
– Saus tomat 7 sendok makan
– Margarin 10 sendok makan, lelehkan dahulu
– Gula pasir 1 sendok teh
– Bawang putih 7 siung, haluskan.

Baca Juga: Resep Bikin Es Teler Penghilang Dahaga

Bahan bumbu oles manis, pedas, dan asin:
– Madu murni 6 sendok makan
– Mentega 5 sendok makan
– Saus sambal secukupnya
-Air dan garam secukupnya

Bahan bumbu oles asin:
– Madu 2 sendok makan
– Margarin 5-6 sendok makan

Campurkan bahan-bahan di atas sesuai dengan selera hingga merata ke jagung. Anda juga bisa menghilangkan sambalnya jika tidak kuat pedas.

Nah, itulah tips agar jagung bakar tidak gosong lengkap dengan bumbu jagung bakar yang cukup mudah untuk Anda coba sendiri di rumah.

Claudia