blank
Ilustrasi Ayam Goreng. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasak ayam goreng yang empuk dan juga matang pastinya sering kali menjadi menu favorit keluarga. Selain karena rasanya yang enak dan lezat, ayam goreng memang menjadi sajian yang cocok untuk memenuhi protein asupan makanan.

Dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah beberapa tips memasak ayam goreng yang empuk dan juga matang sebagai sajian lengkap untuk keluarga kamu.

1. Rebus terlebih dulu

Langkah pertama sebelum mulai mengolah sajian ayam ialah kamu harus memastikan ayam sudah dicuci bersih. Dilansir Alodokter, mencuci daging ayam mentah menggunakan air justru dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri yang berakibat pada masalah kesehatan.

Baca Juga: Lima Tips Memilih Destinasi Liburan Akhir Tahun

Beberapa jenis kuman yang ada pada daging ayam salah satunya seperti Campylobacter, yang jika tubuh terinfeksi akan mengakibatkan gejala gangguan pencernaan, mual, muntah, bahkan tubuh menjadi lemas. Sebaiknya kamu merebus terlebih dahulu daging ayam sebelum dimasak ataupun digoreng.

Selama proses perebusan, ada baiknya jika kamu membuang buihnya supaya ayam benar-benar bersih dari kotoran. Durasi merebusnya pun tergantung dari besar dan juga jumlah potongan ayam yang akan digunakan.

2. Rendam dan marinasi ayam

Merendam ayam mentah menggunakan larutan air garam akan membantu mengeluarkan sisa darah-darah yang masih tersisa.

Baca Juga: Tips Mencegah Serta Pertolongan Pertama Saat Mengalami Keracunan Makanan

Selain itu, potongan daging ayam yang akan dimasak juga dapat dimarinasi menggunakan rempah-rempah serta bumbunya. Proses ini akan membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

3. Tusuk-tusuk potongan daging menggunakan garpu atau tusuk gigi

Potongan daging ayam dapat ditusuk-tusuk menggunakan garpu atau tusuk gigi. Tujuannya ialah agar daging bisa lebih empuk dan juga bumbu dapat lebih meresap ke dalam daging.

4. Memasak dengan api kecil

Ketika memasak ayam goreng, ada baiknya jika kamu menggunakan api yang kecil saja. Selama durasinya tepat, potongan ayam akan matang secara merata dan tidak akan menyisakan darah, selain itu bumbunya juga akan meresap dengan sempurna.

Baca Juga: Begini Tips Pakai Parfum Biar Wanginya Awet 24 Jam

5. Menggunakan minyak yang banyak

Ketika menggoreng ayam, sebaiknya ayam digoreng di dalam minyak yang banyak sampai terendam. Selain itu, kamu juga harus memastikan minyaknya panas supaya ayam memiliki tekstur yang empuk.

6. Daging yang berlebih bisa disimpan di dalam kulkas

Sisa daging yang berlebih dapat kamu simpan di dalam lemari es. Jika ingin memasak tinggal digoreng ataupun dihangatkan kembali. Namun, langkah-langkah di atas perlu dilakukan dulu ya supaya tingkat empuk dan kematangannya tetap terjaga.

Nah, itulah tadi beberapa tips atau cara memasak ayam supaya empuk dan matang.

Claudia