blank
ilustrasi seseorang mengalami keracunan makanan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Keracunan makanan merupakan kondisi dimana seseorang merasakan efek buruk pada tubuh setelah mengonsumsi makanan yang telah tercemar virus, bakteri, atau zat berbahaya. Penderita keracunan makanan dapat mengalami berbagai kondisi seperti mual, muntah, diare, dan lain sebagainya.

Dilansir dai Suara.com, jika Anda merasakan gejala lain seperti pusing, demam atau sakit perut yang luar biasa setelah mengonsumsi makanan tertentu, mungkin Anda telah mengidap keracunan makanan yang secara tidak sadar ada di dalam makanan yang baru saja Anda konsumsi.

Untuk mengantisipasi agar tidak semakin parah, berikut adalah pertolongan awal yang bisa Anda lakukan ketika keracunan makanan seperti yang disadur dari laman Halodoc berikut ini.

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari

1. Minum banyak air putih agar tubuh anda tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan
2. Buat campuran air hangat, perasan jeruk lemon, gula dan garam secukupnya, aduk lalu sajikan
3. Minum satu sendok madu yang telah dicampur dengan air jahe agar membantu mengurangi peradangan dan nyeri
4. Untuk penderita keracunan yang sudah dewasa, dapat diberikan loperamide dan bismuth subsalicylate yang dijual bebas di apotik.

Untuk mencegah terjadinya keracunan makanan, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Pastikan makanan dimasak dengan benar, dengan suhu yang panas seperti olahan daging dan lainnya. Suhu yang panas dapat membunuh bakteri yang mungkin terdapat dalam makanan tersebut
2. Perhatikan kebersihan makanan. Makanan yang ada di pinggir jalan tanpa adanya penutup makanan bisa mengakibatkan debu dan kotoran menempel pada makanan yang dijual, akibatnya kebersihannya menjadi tidak terjamin dan bisa menyebabkan diare.

Baca Juga: Begini Tips Pakai Parfum Biar Wanginya Awet 24 Jam

3. Jika makan ke restoran, jangan sungkan untuk bertanya apakah menu telur mentah dan mayonaise melalui sendiri tahapan pasteurisasi atau tidak. Proses pasteurisasi dapat membunuh bakteri yang terdapat dalam makanan mentah.
4. Memasak sendiri makanan di rumah terbukti jauh lebih sehat dan aman untuk kesehatan. Karena itu usahakan konsumsi makanan yang memang kebersihannya terjamin agar tidak menderita keracunan makanan akibat bakteri atau zat berbahaya.

Jika memang Anda mengalami keracunan makanan dengan gejala yang parah dan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Claudia