blank
Ilustrasi kacang-kacangan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Salah satu penyebab utama dari sakit jantung adalah tingginya kandungan kolesterol jahat di tubuh. Agar risiko ini dapat dicegah sedini mungkin, maka langkah terbaiknya adalah rajin mengonsumsi makanan yang memiliki khasiat tinggi menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Berdasarkan informasi dari healthline dan Havard Health Publising, jenis makanan ini antara lain sebagai berikut:

1. Kacang

Kacang merupakan makanan yang kaya serat larut dan dapat memunculkan rasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan berat badan, bahkan bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi untuk menyehatkan jantung.

Baca Juga: Tips Mencegah Serta Pertolongan Pertama Saat Mengalami Keracunan Makanan

2. Oatmeal

Mengonsumsi satu mangkuk sereal atau outmeal setiap hari sebagai sarapan pagi bisa menghasilkan asupan serat larut sebanyak satu sampai dua gram.

Jika mau menambah lagi, campur makanan ini dengan stroberi atau pisang sehingga dapat meningkat jadi lima sampai sepuluh gram.

3. Biji-Bijian Utuh

Jelai, oat, dan biji-bijian utuh yang lain dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan serat larutnya yang tinggi sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat sekaligus melancarkan metabolisme atau pencernaan.

Baca Juga: Yuk, Mulai Biasakan Konsumsi Makanan Sehat

4. Minyak Nabati

Contoh dari minyak nabati cair antara lain minyak biji kanola, biji safflower, dan biji bunga matahari. Minyak ini bisa menggantikan mentega untuk memasak atau menjadi campuran makanan dan berkhasiat tinggi menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Okra dan Terong

Okra dan terong juga sangat bagus untuk menghindari penumpukan kolesterol jahat. Kedua jenis sayuran ini sangat kaya kandungan serat larut. Kadar gula darah juga bisa lebih stabil jika rutin mengonsumsi olahan dari bahan tersebut.

6. Kedelai

Makanan dari kedelai seperti tahu dan tempe merupakan penurun kolesterol jahat yang sangat aman dikonsumsi. Menurut pendapat para ahli kesehatan, mengonsumsi kedelai sebanyak 25 gram sehari dapat menurunkan kolesterol sekitar 5% hingga 6%.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Natal di Indonesia, Unik dan Istimewa

7. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti apel, jeruk, stroberi, alpukat, dan anggur sangat kaya kandungan serat larut atau pektin. Timbunan kolesterol jahat akan semakin mudah dihilangkan apabila rutin mengonsumsi buah-buahan tersebut.

8. Ikan Berlemak

Tidak hanya menyehatkan jantung saja, ikan berlemak dapat membantu menstabilkan detak organ vital tersebut. Apalagi makanan ini memiliki kandungan omega-3 tinggi, sehingga bisa menurunkan trigliserida dalam darah.

Itulah beberapa jenis makanan terbaik yang memiliki manfaat besar untuk mencegah terjadinya tumpukan kolesterol jahat yang sering jadi penyebab penyakit jantung.

Claudia