Ilustrasi makanan sehat. Foto: halodoc.
Ilustrasi makanan sehat. Foto: halodoc.

SUARABARU.ID – Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah, sebagai makanan atau minuman yang akan dikonsumsi oleh manusia.

Fungsi utama pangan bagi manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan zat gizi tubuh sesuai jenis usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, bobot tubuh, dan sebagainya.

Menurut Food and Agriculture Organization atau Organisasi Pangan dan Pertanian (2011), pangan adalah sesuatu yang dikonsumsi secara konsisten dalam jumlah tertentu dan berubah menjadi bagian umum dari rutinitas makan yang berlebihan sebagaimana menjadi sumber utama energi dan gizi yang diperlukan tubuh.

Pangan sangat diperlukan manusia untuk bertahan hidup, sehingga mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan guna meningkatkan kesehatan tubuh.

Makanan sehat sendiri terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan sehat dikenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna seperti tahu, tempe, daging, sayur, dan segelas susu.

Makanan sehat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh seperti mengontrol gula darah, untuk kesehatan kulit, kesehatan otak, menjaga tulang dan gigi tetap kuat, mengurangi berbagai macam risiko penyakit, penghasil energi, mengatur metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan tubuh, keseimbangan cairan tubuh, pertahanan tubuh terhadap penyakit, dan masih banyak lagi.

Pilihan pangan sehat sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan telur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan serta makanan laut lainnya.

1. Sayuran
Mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, serta kalium yang penting bagi kesehatan tubuh. Sayuran juga kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Buah
Mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh seperti serat, mineral, vitamin, dan antioksidan.

3. Daging dan telur
Tinggi protein serta mengandung nutrisi lengkap.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Mengandung protein yang baik untuk tubuh, serat tinggi, serta mengandung vitamin E dan magnesium.

5. Ikan dan makanan laut lainnya
Kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Mulai sekarang, yuk biasakan mengonsumsi makanan sehat!

Muhammad Ghazali Agung, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang