blank
Petugas memeriksa kesehatan para sopir bus di Terminal Induk Purwodadi, Grobogan. Foto: Tya Wiedya.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinisi (AKAP), menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, di Terminal Induk Purwodadi.

Ada dua sesi pemeriksaan kesehatan, yakni pada pagi hari untuk sopir AKDP dan siang hari untuk sopir bus AKAP, total ada ada 52 orang yang mengikuti pemeriksaan tersebut.

“Sebanyak sembilan pengemudi dinyatakan laik mengemudikan kendaraannya dengan catatan penting dari petugas kesehatan setempat. Empat orang dinyatakan memiliki riwayat diabetes melitus atau gula dan sisanya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi,” kata Sub Koordinator Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Grobogan, Jati Yuswaningsih.

Ppemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan rutin setiap ada momen Natal dan Tahun Baru. Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan ini fokus pada tekanan darah, gula darah, amfetamin atau narkoba serta tes buta warna.

“Tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada penumpang, pengemudi harus sehat. Bagi yang boleh mengendarakan bus ini, adalah yang sehat dan yang sehat dengan catatan. Kalau yang tidak laik, ya tidak boleh mengemudikan,” tutur Jati Yuswaningsih kepada wartawan.