blank
Para narasumber berfoto bersama, usai acara Diseminasi Program Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, di Kampus Undinus, Selasa-Rabu (20-21/12/2022). Foto: bbpjt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bersama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Program Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, di Kampus Undinus, Selasa-Rabu (20-21/12/2022).

Dalam diseminasi itu, hadir empat narasumber, Dr Iwa Lukmana MA (Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa), Dr Ganjar Harimansyah (Kepala BBPJT), Drs Moh Muzakka MHum (Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing/APPBIPA Jateng), serta Suardi Eka Cipta dan Emma Nababan (Pustanda, Badan Bahasa). Selain itu juga, sekitar 90 mahasiswa Udinus ikut meramaikan acara.

Pada kesempatan itu, Iwa Lukmana, mengatakan, Badan Bahasa mendapatkan amanat dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, terkait dengan peningkatan fungsi bahasa Indonesia, menjadi bahasa internasional. Hal itu bertujuan, untuk menunjukkan jati diri dan meningkatkan daya saing bangsa.

BACA JUGA: Jelang Natal dan Tahun Baru Polres Grobogan Sita 2.045 Botol dan 10 Jerigen Miras

”Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, terus berupaya menjalankan tugas penginternasionalan bahasa Indonesia. Untuk itu, kami menggandeng beberapa perguruan tinggi di Jateng, antara lain, Udinus, UIN Walisongo, Unimus, Unsoed, UM Purwokerto, dan ITT Telkom Purwokerto, untuk mendiseminasikan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dan penerjemahan ini,” ujar Iwa dalam keterangannya.

Sementara itu, Ganjar Harimansyah menyatakan, negara turut hadir dalam pengembangan dan pembinaan bahasa. Lembaga yang ditunjuk untuk urusan itu adalah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek.

”Oleh karena itu, kita patut bersyukur, negara memperhatikan bahasa. Balai Bahasa Provinsi Jateng melaksanakan program BIPA, berkerja sama dengan perguruan tinggi di Jateng,” imbuh Ganjar.

blank
Ganjar Harimansyah, saat memberikan pemaparannya dalam acara Diseminasi Program Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, di Kampus Undinus, Selasa-Rabu (20-21/12/2022). (Kepala BBPJT). Foto: bbpjt

BACA JUGA: Peluncuran Buku Alie Emje dan Album Puisi Eswal : Catatan Kecil untuk Kakak Kelas

Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus, Dr Raden Arif Nugroho, menambahkan, mahasiswa Udinus diharapkan memiliki wawasan internasional. Mahasiswa juga tetap tidak meninggalkan kelokalan atau budaya lokal.

”Kami menyampaikan terima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, yang telah bekerja sama selama ini. Salah satu produk kerja sama Udinus dan Balai Bahasa adalah, Senarai Istilah Budaya Jawa, yang merupakan aplikasi kamus digital budaya Jawa,” jelas Arif.

Ketua APPBIPA Jateng, Muzakka, menyampaikan, pihaknya mengajak para mahasiswa untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia. APPBIPA Jateng sendiri turut mendukung program internasionalisasi bahasa Indonesia, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009.

”APPBIPA merupakan organisasi profesi yang turut memartabatkan bahasa Indonesia, membantu pengelolaan mahasiswa asing di perguruan tinggi, dan meningkatkan keterampilan pengajar BIPA. APPBIPA kini memiliki 16 cabang di dalam negeri, dan enam cabang di luar negeri,” tandas Muzakka.

Riyan