blank
Ketum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak (kiri), melakukan salam komando dengan Ketua Umum Pengprov Pertina Jateng Periode 2022-2026, Kairul Anwar SH MH, usai pelantikan di Hotel Grand Candi Semarang. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, berharap, Pengprov Pertina Jateng mampu berkontribusi bagi perkembangan tinju amatir di Tanah Air.

Komaruddin yakin, dengan kepengurusan Pertina Jateng yang baru, provinsi ini akan mampu meraih prestasi yang lebih baik di PON Aceh-Sumut, pada 2024 mendatang.

Penegasan itu disampaikannya, saat mengukuhkan dan melantik Pengprov Pertina Jateng Periode 2022-2026, yang dinakhodai Kairul Anwar, di Hotel Grand Candi, Semarang, Sabtu (26/11/2022).

BACA JUGA: PAMMI Jepara Gelar Festival Musik Dangdut, Ini Tiga Grup Terbaik

”Melihat pancaran wajah-wajah pengurus yang dilantik, penuh optimisme untuk mengangkat prestasi Jateng lebih baik di PON 2024 nanti. Saya bukan orang baru di Jateng, karena pernah bertugas di Kota Semarang. Pernah mengenal Sutan Rambing. Tokoh-tokoh tinju di kepengurusan Pertina juga hebat, dan saya yakin bisa berkontribusi untuk tinju Nasional,” kata Komaruddin dalam sambutannya.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, perwakilan Disporapar Jateng, mantan Ketua Umum KONI Jateng yang juga Ketua Umum Pengprov Muaythai Hartono, Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara, sejumlah tokoh bola, utusan KONI Kabupaten/Kota dan atlet-atlet PPLOP Jateng.

Komaruddin juga menyampaikan, di bawah kepemimpinannya, pertinjuan Nasional diharapkan bangkit dari sisi prestasi, manajemen organisasi dan kualitas SDM wasit/hakim, serta pelatih. Spirit yang selalu ditiupkan adalah, tidak menyerah pada keterbatasan dan keadaan.

BACA JUGA: Jarnas Anies Baswedan Kudus Terus Gerilya Galang Dukungan

Kebangkitan tinju amatir Tanah Air, imbuhnya, sudah dibuktikan dengan capaian prestasi di SEA Games Vietnam 2021, yang digelar pada 2022, dengan satu medali emas, tiga perak dan satu perunggu.

”Kita merindukan prestasi di Asian Games seperti dulu. Kita mulai dari SEA Games. Setelah meraih satu emas di Vietnam, kita bidik dua emas di SEA Games Kamboja 2023. Pendekatan psikologi dan boxing technology, kini kita terapkan. Kita juga mendatangkan pelatih berkualitas dari Kuba,” ujar mantan Pangdam Udayana itu.

Dia juga mengajak Jateng, untuk menerapkan boxing technology, agar bisa melahirkan bibit unggul. Petinju tak dilahirkan dari anak-anak sekolah yang suka berkelahi atau jagoan terminal, tapi diukur pada teknik, kecepatan pukulan setiap menit dan ketepatan sasaran.

BACA JUGA: Petani Mangrove Semakin Meningkat Ekonominya Sejak Mengenal BLDF

Sementara itu, Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Munadjat, menantang agar Pertina Jateng bisa mengantarkan prestasi lebih baik di PON 2024 mendatang.

”Saya tantang Pak Kairul ini, jika di PON Papua kita bisa mendapatkan satu medali emas dengan perjuangan dramatis, maka di PON Aceh-Sumut, tinju sebisa mungkin menyumbangkan dua medali emas, syukur-syukur lebih,” pintanya.

Sedangkan Ketua Umum Pertina Jateng, Kairul Anwar, mengatakan, berbagai langkah akan dilakukan pengurus, untuk merealisasikan target dua medali emas di PON 2024.

BACA JUGA: Stunting di Jepara ada di 181 Desa, 3 Kecamatan ini Tertinggi Kasusnya

Di antaranya dengan memperbanyak kejuaraan dan pengiriman petinju ke kejurnas, untuk menjaring petinju-petinju berbakat, serta mengoptimalkan PPLOP sebagai kawah candradimuka.

Dia bersyukur, dikelilingi pengurus yang memiliki semangat dan integritas tinggi dalam memajukan tinju amatir. Makanya dia optimistis, proses pembinaan mulai kejurprov, Pra-Porprov hingga Porprov, bakal bisa menjaring atlet-atlet potensial, untuk mewujudkan sejarah dua emas di arena PON.

Susunan Pengurus Pertina Jateng Periode 2022-2026:
Ketua Umum: Kairul Anwar SH MH
Wakil Ketua I: Aria Chandra Destianto S STP MSi
Wakil Ketua II: Dr Soedjatmiko MPd
Wakil Ketua III: Budi Martono SH MH
Wakil Ketua IV: Dr Ferdinandus Hindiarto SPsi MSi
Wakil Ketua V: Wahyoe Winarto
Ketua Harian: Sudarsono
Sekretaris: Achmad Ris Ediyanto
Wakil Sekretaris: Mochamad Zaenuri
Bendahara: Didik SP

Pengurus dibantu komisi organisasi, hukum, pemasaran, teknik kepelatihan, binpres dan pemassalan, wasit hakim, kesehatan dan doping, pembinaan tinju putri, pembinaan tinju usia dini, arena dan perlengkapan, serta media dan humas.

Riyan