blank
Kepala Kantor Kemenag Moh Habib membuka Pekan Madaris III Kabupaten Jepara bersama Pelaksana Harian Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Mu’allimin, Ketua Tanfidziyah NU Jeoara K.H. Kharis Rohman, Ketua RMI NU K.H. Syaifur Rijal Aqieb, dan Ketua Panitia Mariyoto

JEPARA(SUARABARU.ID) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Muh Habib, Sabtu (27/11/2022) membuka Pekan Madaris III tingkat Kabupaten Jepara. Acara yang berlangsung di Madrasah Diniyah Salafiyah Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara dihadiri jajaran struktural Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara. Mereka di antaranya Rois Syuriyah K.H. Hayatun Nufus Abdullah Hadziq, Ketua Tanfidziyah K.H. Kharis Rohman, Ketua RMI NU K.H. Syaifur Rijal Aqieb, hingga Pelaksana Harian Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Mu’allimin.

blank
Penampilan salah satu peserta di depan juri Aminan Basyari pada cabang lomba puisi Islami

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib dalam sambutan pembukaan mengatakan, Pekan Madaris adalah ajang silaturahmi dan kolaborasi antar-Madrasah Diniyah di Jepara. Selain itu, menjadi media menggali bakat dan meningkatkan belajar di luar kelas. Kegiatan ini dia harapkan berlangsung profesional dengan mengedepankan objektivitas dan sportivitas.

“Di sini kita menggali sejauh mana keberhasilan pembelajaran di kelas, dalam bentuk fastabiqul khoirot,” kata Muh Habib.

Sebelumnya, Rais Syuriyah PCNU Jepara K.H. Hayatun Nufus Abdullah Hadziq memberikan selamat atas berlangsungnya Pekan Madaris III dan mendoakan suksesnya acara. Dia mangarahkan agar even seperti ini digunakan untuk perbaikan pengorganisasian seluruh kegiatan di lingkungan NU.

blank
Penampilan salah satu peserta cabang lomba pidato bahasa Arab

Ketua Panitia Mariyoto mengatakan, peserta Pekan Madaris adalah santri madrasah diniyah utusan Pimpinan Majelis Wakil Cabang (PMWC) Ma’arif se-Kabupaten Jepara. Mereka berlaga di 17 cabang lomba, untuk madin awwaliyah dan madin wustho. Venue berada di kompleks Madin Ujungbatu, stadion GBK, dan sekitarnya.

“Setiap PMWC Ma’arif mengirim 41 peserta dan 20 ofisial,” kata Mariyoto bersama Wakil Sekretaris Panitia, Nur Maul Hayat.

blank
Sejumlah peserta cabang kaligrafi memulai lomba dengan membuat _frame_ warna-warna

Setiap cabang lomba memperebutkan emas, perak, dan perunggu.

“Lalu akan ditetapkan juara umum 1, 2, dan 3 berdasarkan perolehan medali terbanyak,” katanya.

Aksl