Para pemain USM foto bersama seusai menerima medali dalam Kejuaraan Bulu Tangkis UGM Cup 2022 di GOR Pancasila UGM Yogyakarta. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Universitas Semarang (USM) keluar sebagai juara beregu dalam Kejuaraan Bulu Tangkis UGM Cup 2022 di GOR Pancasila kompleks Kampus UGM Yogyakarta yang berakhir Sabtu (12/11/2022).

Nomor begeru mempertandingkan sistem Sudirman yakni tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan ganda campuran.
Tim USM yang diperkuat Debora Pungky Cahaya Dewi, Muhammad Faqih Anshori,Jovika Vandaria Ester Matiho, Ivan Adi Cahyono, Ferdian Alfajri Bediona. Di final, USM mengalahkan Universitas Trisakti Jakarta dengan skor 3-1.

Sementara itu, di nomor perorangan, USM meraih 3 medali perak dan 2 perunggu. Tiga medali perak diraih Muhammad Faqih Anshori dari nomor tunggal putra, Debora (tunggal putri) dan Jovika/Ivan (ganda campuran).

Dua perunggu disumbangkan Alfajri/Ivan (ganda putra) dan Debora/Jovika (ganda putri).

Di final, Faqih dikalahkan Bela Restu (Universitas Trisakti) dengan skor 21-15,21-17. Sedangkan Debora menyerah dari tangan pemain UII Yogyakarta, Shafa Aura dengan skor 21-18, 17-21, 11-21. Adapun pasangan Jovika/Ivan dikalahkan pasangan terbaik Universitas Trisakti, Yoel Alexander/Nahla Aufa dengan skor 18-21, 21-19, 17-21.

Menurut Debora, hasil yang diraih para pemain USM cukup baik. Pasalnya, dengan menurunkan 5 pemain bisa membawa pulang 6 medali yakni 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

”Dengan kekuatan hanya 5 pemain, terpaksa teman-teman harus merangkan di nomor beregu dan perorangan. Ini cukup melelahkan. Salah satu faktor kegagalan meraih emas di nomor tunggal putra, tunggal putra dan ganda campuran karena teman-teman kelihatan kecapekan, sehingga speed dan powernya berkurang banyak,” katanya.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengapresasi hasil yang diraih para pemain USM di UGM Cup 2022. Dia berharap, para pemain tetap semangat berlatih karena masih banyak event yang akan diikuti.

”Kami minta, pelatih memperbaiki kekurangan masing-masing pemain agar bisa meraih pretasi yang bagus di setiap kejuaraan,” ujarnya.

Muhaimin