blank
Para peserta mengikuti Sharing Session yang digelar mahasiswa Ilkom USM secara hybrid di Gedung Q.1.1 Universitas Semarang. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang menggelar sharing session bersama founder Sat-set Kreatif Cino Fajrin dan rekannya Frog pada Sabtu (12/11/2022) secara hybrid di Gedung Q.1.1 Universitas Semarang.

Ketua Panitia, Donna Yulinda Putri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali teknik dan langkah-langkah menjadi content creator kepada para mahasiswa khususnya yang baru ingin mulai membuat konten.

”Semoga dengan adanya acara ini membuat peserta memahami tips dan trik menjadi content creator,” katanya.
Dalam kegiatan yang dihadiri 250 peserta hybrid itu, Cino Fajrin mengatakan, menjadi content creator berpeluang mendapat pendapatan yang lebih tinggi dari pada bekerja kantoran.

”Sekarang ilmu sudah tersebar dimana-mana, tak seperti dahulu waktu zaman tak ada internet,” ujarnya.

Dia mengatakan, beberapa client atau produk sudah punya identitas sendiri, jadi harus dapat menyesuaikan ataupun mengarahkan client.

”Kita harus mengetahui hal menarik apa yg bisa ditunjukkan ke orang untuk datang atau menggunakan produk client tersebut,” kata Cino.

Konten Kreator sekaligus pemain drum ini juga mengatakan, hasilkan konten yang bisa diterima pengguna sosial media sehingga dapat digunakan sebagai ladang pendapatan.

”Semua hal dapat di kontenkan. Di zaman sekarang ini harus lebih bijak jika membuat konten karena ada undang-undang yang membatasi dalam membuat konten. Pintarlah memilih dan memilah dalam membuat konten,” pungkasnya.

Cino mengimbau agar para peserta rajin membaca, menulis setiap iden gagasan, mengikuti trend dan wajib memiliki konten yang orisinil.

”Tidak ada konten yang original, kita bisa mengolah atau memodifikasi dengan ide gagasan kita sehingga menjadi orisinalitas. Usahakan untuk meminimalisasi plagiasi, mix n match lah sebuah konten,” tandasnya.

Frog mengatakan, untuk diawal jangan pernah berharap kalau konten yang dibuat akan langsung diminati masyarakat.

”Konsisten, buat agenda konten bulanan, teruslah membuat konten asalkan tidak melanggar norma-norma. Untuk mengetahui konten apa yang diminati orang lain kalian bisa memeriksa insight dari akun kalian,” jelasnya.

Muhaimin