blank
Para peserta mengikuti Seminar dengan tema ''Stand Up Your Confident In Public''. Acara yang diadakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM via Zoom Meeting pada 11 November 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Pelawak atau yang dikenal dengan sebutan komika sekaligus konten kreator, Restu Bimantara memberikan tips tampil percaya diri di depan banyak orang pada seminar dengan tema ”Stand Up Your Confident In Public”.

Acara tersebut diadakan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM via Zoom Meeting pada 11 November 2022.

”Untuk meningkatkan percaya diri, kita harus memperbanyak referensi pengetahuan umum agar memiliki banyak topik obrolan. Memperbanyak melakukan sesuatu yang baru akan menambah kemampuan berkomunikasi. Menumbuhkan pikiran dan energi positif juga tak kalah penting,” ujar Restu.

Kemampuan public speaking, menurutnya, penting untuk meningkatkan percaya diri dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Setidaknya ada 3 elemen public speaking, di antaranya vokal, verbal, dan visual.

”Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking. Pertama adalah vokal. Kita harus menyesuaikan intonasi terhadap audiens dan menjaga artikulasi tetap jelas. Selanjutnya adalah verbal, kemampuan berbicara harus rutin dilatih. Dan terakhir ialah visual yang meliputi cara kita berpenampilan, menjaga postur tubuh serta gestur,” jelasnya.

Restu menambahkan, rasa kepercayaan diri dapat dilihat dari seseorang mengetahui apa yang diinginkan, termotivasi mencapai tujuannya, memiliki keseimbangan emosi yang baik, tidak kaku, dan sehat jasmani.

”Kepercayaan diri seseorang timbul ketika ia mengetahui apa yang di inginkan dalam hidupnya, memiliki motivasi mencapai tujuan seperti keluarga atau pasangan. Menjaga kestabilan emosi agar tidak mudah terbawa perasaan. Tidak menjadi orang yang kaku. Menjaga kesehatan badan dengan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, dan olahraga rutin,” terangnya.

Ketua Panitia, Zahradiva Mayaza Asih mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar berani tampil di publik tanpa takut.

”Komunikasi yang lebih sering dilakukan melalui virtual menjadikan remaja jaman sekarang susah untuk bersosialisasi apalagi berbicara didepan publik. Oleh karena itu, dengan latar belakang narasumber yang dihadirkan, saya berharap mahasiswa dapat mempelajari hal-hal yang telah disampaikan narasumber,” ungkapnya.

Muhaimin