blank
Poster Workshop yang akan diadakan BEM FTP USM pada 26 November 2022 di Gedung Prof Joetata Hadihardaja Universitas Semarang pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian USM akan mengadakan festival Agrifest.

Festival tersebut berisi lomba dan workshop dengan tema ”Inovasi Pangan Lokal Berbasis Pangan Fungsional” pada 26 November 2022 di Gedung Prof Joetata Hadihardaja Universitas Semarang pukul 08.00 hingga 11.00 WIB.

Lomba yang akan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof Dr Ir Haslina MSi diikuti para siswa SMA/SMK/Sederajat Se-Jawa Tengah dan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang.

Ketua Panitia, Fitria Indriansah mengatakan, hingga saat ini jumlah peserta yang mendaftar 150 kelompok, tiap kelompok terdiri atas 3 peserta.

Alur pelaksanaan dimulai dengan pengumpulan proposal produk makanan sebelum 14 November 2022. Kemudian finalis yang lolos akan diumumkan pada 19 November 2022.

”Pada acara final akan diadakan workshop menghadirkan 2 narasumber yaitu Dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Dr Ir Rohadi MP, Praktisi sekaligus Pemilik Locality Indonesia, M Ali Shodiqi STp. Setelah kegiatan workshop akan dilanjutkan untuk penataan produk makanan oleh finalis lomba dan mempresentasikan hasilnya,” ujarnya.

Bertindak sebagai juri pada lomba tersebut adalah Dosen Fakultas Teknologi Pertanian, Dr Ir Rohadi MP, Praktisi sekaligus Pemilik Locality Indonesia, M Ali Shodiqi STp dan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Jawa Tengah, Siti Atiqoh Supriyanti.
Fitria mengatakan, workshop ini diadakan guna meningkatkan pengetahuan mengenai inovasi yang dapat dilakukan terhadap pangan local yang berbasis fungsional.

”Melalui narasumber yang merupakan akademisi dan praktisi di bidang yang sama, nantinya akan dipaparkan secara menyeluruh mengenai pengolahan pangan lokal menjadi pangan fungsional. Narasumber kedua yang dihadirkan merupakan praktisi dari umkm yang memproduksi pangan fungsional dari inovasi pangan lokal dapat meningkatkan pengetahuan mengenai inovasi yang dapat dilakukan,” jelasnya.

Dia menambahkan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan minat dan pengetahuan mengenai pangan lokal dan mengenalkan fakultas teknologi pertanian usm kepada sekolah yang ada di jawa tengah.

Dengan adanya kegiatan yang akan datang tersebut Fitri berharap, peserta kegiatan memahami dan mampu membuat inovasi pangan lokal dan fungsional.

”Sesuai visi FTP, menjadikan program studi unggul dalam bidang pertanian berbasis komoditas lokal dan mampu menerapkannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industry baik tingkat regional maupun global pada tahun 2022. Saya berharap, peserta dapat memahami dan mampu membuat inovasi pangan lokal dan fungsional. Selain itu saya juga Fakultas Teknologi Pertanian USM semakin unggul dan dikenal masyarakat dengan teknologi keilmuannya yang maju,” jelasnya.

Pendaftaran workshop dapat diakses melalui link pendaftaran: https://bit.ly/PendaftaranWorkshopAgrifest2022 dengan kontribusi Rp 20.000 pada nomor rekening 146601008165500 atas nama Imelda Shinta Aprillia.

Muhaimin