Ilustrasi lilin madu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lebah merupakan hewan bersayap dan bertubuh kecil yang menghasilkan madu. Dimana, madu sendiri memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, madu menjadi bahan herbal terbaik untuk kesehatan.

dilansir dari Suara.com namun, selain menghasilkan madu. Lebah juga menghasilkan Lilin lebah (Beeswax). Sama dengan madu, lilin lebah juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Jika madu dikonsumsi dengan cara diminum atau dimakan dengan roti, lilin lebah tidak dengan cara tersebut.

Baca Juga: Empat Manfaat Manggis Bagi Ibu Hamil

Umumnya, lilin lebah digunakan pada kulit, seperti pelembab kulit dan bibir. Nah, apa saja sih manfaat lilin lebah ini. Berikut penjelasannya yang dilansir dari laman hellosehat.com.

1. Mengatasi peradangan kulit

Kulit yang gatal bisa terjadi karena eksim dan psoriasis. Jika kamu terkena penyakit ini, kemungkinan kamu akan terkena peradangan kulit kronis.

Nah, lilin lebah menjadi pilihan yang tepat untuk kondisi kulit tersebut. Tak hanya madu, lilin lebah juga mengandung anti peradangan, yang baik untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Baca Juga: Dapat Meredakan Nyeri Saat Haid, Lima Manfaat Daun Suji

2. Melembabkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan tadi, lilin lebah berguna dan baik untuk melembabkan kulit. Nah, ini yang membuat lilin lebah sering digunakan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit.

Lilin lebah mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dan memperbaiki kulit kering, kasar serta pecah-pecah.

3. Meredakan nyeri

Berdasarkan Korean Journal of Internal Medicine yang dipublish pada 2014. Lilin lebah mengandung anti peradangan yang dapat meredakan nyeri pada osteoarthritis. Nah, sekitar 23 partisipan dalam penelitian tersebut mengalami pengurangan kaku sendi, nyeri, serta fungsi fisik.

Baca Juga: Selain Menyembuhkan Luka Bakar, Simak 10 Manfaat Daun Binahong

4. Menghilangkan jerawat

Bahan alami ini juga mengandung antibakteri, anti peradangan, serta antioksidan dikenal menjadi bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat.Akan tetapi, manfaat ini bisa kamu dapatkan jika dibarengi dengan diet sehat (pola makan sehat ya) dan olahraga yang teratur.

5. Melembabkan bibir yang kasar

Bibir yang kering dan kasar tentu tidak diinginkan. Nah, lilin lebah ini juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir.

Madu sendiri juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir, tentu campuran madu dan lilin lebah bisa kamu gunakan atau salah salah satunya saja.

Baca Juga: Enam Karakter Zodiak Manipulatif yang Perlu Diketahui

Resiko bahaya dari lilin lebah, apakah ada?

Nah, jika lilin lebah ini digunakan dalam skala yang besar dan jangka waktu yang lama. Kemungkinan akan ada efek samping yang terjadi, seperti.

Penghambat usus ketika tertelan dalam jumlah yang banyak.Bisa menimbulkan efek alergi, bagi kamu yang alergi terhadap madu.

Satu lagi nih, jika kamu sedang hamil atau menyusui, sebaiknya kamu jangan menggunakan bahan lilin lebah ini. Karena belum cukup informasi tentang keamanannya terhadap ibu hamil dan menyusui.

Claudia