blank
Ivana Lie (kanan), saat mememukul shuttlecock bersama tamu undangan lainnya, yang menandai dibukanya KBAM 2022 di wilayah Zona Tengah (Jateng-DIY). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dua pasangan ganda putra tim suarabaru.id (SB), sukses maju ke babak semi final Kejuaraan Bulu Tangkis Antar Media (KBAM) 2022, Zona Tengah (Jateng-DIY). Namun sayang, satu pasang ganda putra tim SB, dan seorang pemain lagi, gagal melaju ke babak berikutnya.

Para pemain tim SB yang diterjunkan dalam even ini, Muhaimin/Aman, Solikun/Agus S, Sigit PR/Sapawie dan Budi SP yang berpasangan dengan wakil dari Tribun Jateng, Erwin Ardian. Mereka turun di kelompok usia 45 tahun ke atas.

Di hari pertama penyelenggaraan yang berlangsung di Lapangan Bulutangkis Mugas, Jalan Tri Lomba Juang, Semarang, Selasa (8/11/2022), Muhaimin/Aman menyisihkan Budi SP/Erwin Ardian dan Wahidin/Nurkholis.

BACA JUGA: Pemerintah Pusat Akhirnya Setujui Formasi PPPK Brebes

Lalu pasangan Solikun/Agus S menang atas Parman/Gunawan dan Franky/Tahroji. Ganda putra Sigit PR/Sapawie kalah dari Wahidin/Nurkholis

Di babak semi final yang dimainkan Rabu (9/11/2022) di tempat yang sama, Muhaimin/Aman akan jumpa Imam Ambarwanto/Mardiyanto (Trans TV/SCTV). Sedangkan Solikun/Agus S lawan Heri Suyanto/Isheru (Wawasan).

Ketua Panitia Pelaksana KBAM 2022, Zona Tengah, Darjo Soyat, mengatakan, usai vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19, antusiasme peserta justru meningkat. Pada penyelenggaraan kali ini, ada sebanyak 96 peserta, yang terbagi dalam tiga kelompok usia.

BACA JUGA: Raih 2 Emas Porprov, Pemkab Tegal Berikan Tali Asih Atlet Difabel

Masing-masing kelompok usia itu yakni 25-34 tahun yang diikuti 16 pasang. Usia 35-44 (16 pasang) dan usia 45 ke atas ada 16 pasang. Pembagian kelompok usia ini juga berlaku di Zona Barat (Jakarta), dan Zona Timur di Surabaya.

”Untuk merangsang antusiasme peserta, Juara I di masing-masing kelompok usia akan mendapatkan Rp 6 juta, Juara II Rp 4 juta, dan semi finalis Rp 2 juta,” kata Darjo, di sela acara.

Sementara itu, perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation, Ivana Lie, memberikan apresiasinya pada para wartawan penghobi bulu tangkis, yang ikut serta di even ini.

BACA JUGA: Pasar Pagi Tumenggungan Bakal Dipindah ke Terminal Nonbus

Menurut dia, ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturrahmi antarmedia. Diharapkan dia, melalui KBAM, para awak media juga bisa ikut berkompetisi secara sportif dan penuh keakraban

”Selain sebagai ajang silaturahmi, dengan berkompetisi melalui bulu tangkis, kita juga bisa menjaga fisik dan kesehatan,” sebut Ivana, salah satu legenda bulu tangkis putri Indonesia ini.

Sedangkan Ketua Pengprov PBSI Jateng, Basri Yusuf, mengungkapkan, dalam kejuaraan ini bisa terjalin keakraban antar media. Meski berbeda lawan di lapangan bulu tangkis, tetapi tetap sama dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

”Even ini merupakan satu harapan, bahwa media akan memberikan dampak positif bagi perkembangan perbulutangkisan di Indonesia. Salah satu di antaranya, melalui pemberitaan tentang segala terkait perbulutangkisan,” tukas dia.

Riyan