blank
Ilustrasi bekal makan sehat anak. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ada beragam cara menjaga kesehatan anak, salah satunya dengan menyiapkan bekal sehat ke sekolah, agar anak tidak makan sembaragan dan nutrisinya terpenuhi.

“Menyiapkan bekal makanan memang terdengar mudah, tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Ibu harus cerdas mengkreasikan bekal sekolah yang menarik, nikmat, dan pastinya sehat,” ujar Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia, Putri Lukman melalui rilis Shopee yang diterima suara.com, Senin (24/10/2022).

Dilansir dari Suara.com, berikut ini tips cara mudah membuat bekal sehat ke sekolah untuk anak:

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Supaya Bikin Kamu Tetap Aktif dan Bugar

1. Pilih Kotak Bekal Menarik

Setiap makanan memiliki rasa berbeda. Jadi, usahakan meletakkan beberapa jenis makanan tersebut di tempat terpisah dengan memakai kotak bekal banyak sekat.

Sekat-sekat dalam wadah bekal ini berfungsi agar tiap menu tidak tercampur, sehingga cita rasa makanan tetap terjaga.

Jangan lupa pastikan kotak bekal makan harus terbuat dari bahan yang layak dan aman dipakai, seperti adanya label ‘food grade’ dan BPA free. Pilih juga yang kedap udara dan tidak mudah bocor.

Baca Juga: Lima Tips Membersihkan Makeup yang Tepat

2. Perhatikan Porsi Makanan

Saat siapkan bekal, tidak perlu memaksa agar isiannya banyak karena yang penting adalah beragam. Siapkan makanan mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Misalnya siapkan nasi putih bersama nugget ayam, tempe bacem, sayur bayam, daj buah semangka. Tanyakan juga menu yang disukai daj yang diinginkan sebelum buat bekal.

3. Buatlah Kreasi Karakter Favorit

Dekorasi bekal anak dengan hiasan yang menyerupai hewan, pemandangan atau wajah, akan buat anak bersemangat. Apalagi anak bisa membanggakan bekalnya kepada teman-temannya.

Baca Juga: Tips Ampuh Cegah Timbulnya Penyakit Saat Musim Hujan

4. Hias dengan Cetakan, Garpu, dan Tusuk Gigi

Nampak sepele, tapbperalatan bisa mempermudah kreasi bekal lebih menarik. Seperti cetakan nasi, cetakan roti, cetakan nori ini dan banyak cetakan lainnya. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari hewan, buah, segitiga, persegi, hingga karakter kartun. Tidak hanya itu, tusukan makanan atau food picks sangat berguna untuk memperbanyak lauk dan buah.

5. Rencanakan Menu Bekal

Percayalah dengan menyiapkan bekal makanan mingguan, akan lebih mudah dan irit saat membuatnya, terlebih tidak perlu bingung membuat bekal setiap harinya. Waktu juga jadi lebih efisien karena cukup dengan belanja bahan makan seminggu sekali.

Claudia