Ilustrasi penggunaan sunscree. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sunscreen salah satu hal paling sehat yang dapat Anda gunakan untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari.

Dilansir dari Suara.com, sunscreen yang baik dengan penghalang UVA dan UVB yang kuat dapat mencegah kulit kamu terbakar, meminimalkan perkembangan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya, dan dapat mengurangi risiko kanker kulit.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk memilih sunscreen yang berspektrum luas dan tahan air, dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Namun banyak para pengguna sunscreen yang salah dalam mengaplikasikannya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Perawatannya, Simak yuk

Merangkum dari Everyday Health, berikut adalah lima kesalahan dalam menggunakan sunscreen.

1. Menunggu Berada di Tempat yang Terik

Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, kamu harus mengoleskan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum melangkah keluar.

Butuh waktu lama bagi kulit kamu untuk menyerap bahan pelindung. Kamu bisa meratakan krim secara merata sebelum berpakaian agar bisa terserap dengan baik.

Baca Juga: Lima Tips Menghilangkan Uban Yang Tumbuh di Usia Muda Menggunakan Bahan Alami

2. Pelit Mengaplikasikannya

Untuk mendapatkan SPF sama seperti yang diiklankan, sedikit olesan tidak akan berhasil. Kebanyakan orang menerapkan terlalu sedikit, yang dapat meninggalkan goresan dan menghasilkan SPF yang lebih rendah.

Oleh karena itu, gunakan oleskan sunscreen dengan merata dan jangan sampai ada bagian yang hanya dioleskan secara tipis.

3. Tidak Mengoleskan Ulang

Kamu bisa mengoleskan kembali sunscreen setidaknya setiap dua jam, lebih sering jika kamu berkeringat banyak atau saat berenang. Jika kamu tidak mengoleskan ulang kulit kamu hanya terlindungi sementara saja.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Mabuk Durian

Bahkan sunscreen yang memiliki label “tahan air” hanya mempertahankan SPF mereka hingga 80 menit saja. Menerapkan ulang juga akan membantu kamu mencapai penyebaran yang lebih merata.

4. Tidak Dioleskan secara Merata

Jika kamu tidak mengoleskan sunscreen secara merata, kamu tidak akan memanfaatkan perlindungan yang dijanjikan pada label produk.

Apalagi bagi kamu yang menggunakan sunscreen versi semprotan. Walaupun terasa lebih nyaman, tapi sulit untuk mengetahui apakah sunscreen telah digunakan secara merata atau tidak.

5. Mengabaikan saat Mendung

Bahkan ketika matahari tidak terlihat, 80 persen sinar UV-nya masih mengenai kulit. Jendela memblokir sinar UVB, tetapi sebagian besar membiarkan sinar UVA masuk, jadi penting untuk menerapkan sunscreen kapan pun kamu pergi keluar rumah. Oleh karena itu, kamu harus membawa sunscreen ke mana pun kamu pergi.

Claudia