Ganjar bersama istrinya Siti Atikoh, sarapan bersama Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, di Pasar Sentral Mamuju. Foto: humas

MAMUJU (SUARABARU.ID)– Suasana Pasar Sentral di Mamuju, Sulawesi Barat, mendadak heboh, pada Senin (10/10/2022). Mereka yang sedang berjualan dan belanja, dikejutkan dengan kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar yang datang memenuhi undangan Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik, tiba di Mamuju pada pukul 07.30 WITA. Usai dijemput Akmal, Ganjar kemudian diajak sarapan di Pasar Sentral Mamuju.

Ganjar yang diajak Akmal berkeliling melihat kondisi pasar, langsung jadi rebutan. Warga yang ada di sana saling berebut untuk bersalaman dan meminta foto bersama.

BACA JUGA: Keluarga Sabuk Hitam Jadi Pilar Pengembangan Inkado

Setelah itu, Akmal mengajak Ganjar sarapan di warung-warung kecil yang ada di pasar itu. Ganjar kemudian sarapan nasi kuning, makan jajanan Barongko dan menu lainnya.

”Wah ini enak, Barongko. Ayo pak ikut sarapan semua. Ayo sini makan bareng saya,” ajak Ganjar pada tukang ojek dan penarik becak di pasar itu.

Awalnya, mereka malu-malu mendekat. Namun Ganjar mengambil satu piring berisi makanan dan diberikan ke tukang becak itu. Dia juga meminta tukang becak lain dan tukang ojek untuk makan bersama.

BACA JUGA: Mahasiswa Unissula Harus Lanjutkan Estafet Dakwah

”Ayo sini, belum pada sarapan kan? Sini makan, ayo pesen semua,” ajak Ganjar. Langsung saja mereka mendatangi penjual yang ada di sana. Mereka membeli aneka makanan yang dijajakan dan makan bersama.

Saat Ganjar mengajak masyarakat makan bersama itulah, dia melihat ada anak kecil yang terhimpit kerumunan. Dia pun langsung memanggil anak kecil itu bersama ibunya, untuk makan bersama. Betapa terkejutnya Ganjar, ternyata anak kecil itu bernama Gibran.

”Kamu bener namanya Gibran. Tahu nggak ada Gibran lain yang terkenal. Siapa coba tebak,” tanya Ganjar ke Gibran.

BACA JUGA: Hoki Jepara Juara Putra dan Putri Kualifikasi Porprov

Bocah SD itu hanya tersenyum malu. Sang ibu, Marwah (55) langsung menjawab, bahwa Gibran yang dimaksud adalah Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

”Kalau yang itu Mas Gibran anaknya Pak Jokowi. Anak saya namanya Muhammad Al-Gibran,” jawab Marwah sambil tersenyum.

Keseruan terjadi, saat Ganjar sarapan di pasar itu. Selain tukang ojek, penarik becak dan masyarakat senang dapat sarapan gratis, para penjual makanan yang ada di pasar itu juga mendapat berkah. Dagangan mereka langsung ludes diborong Ganjar.

BACA JUGA: PPP Wonosobo Siap Rebut 6 Kursi di DPRD, Ini yang Dilakukan

Ganjar sendiri mengatakan, dia diajak Pj Gubernur Sulbar, dan Bupati Mamuju, untuk meninjau Pasar Sentral. Pj Gubernur Sulbar ingin menunjukkan kondisi pasar, harga-harga bahan kebutuhan pokok sekaligus mengecek inflasi.

”Tadi diajak keliling pak Pj Gubernur, Pak Bupati Mamuju ngecek harga. Ternyata relatif stabil, harganya ya pasokannya,” ucapnya.

Menariknya, harga-harga sayuran di Mamuju relatif lebih baik. Kol dihargai Rp 5.000, Tomat Rp 5.000 dan Sawi bisa mencapai Rp 8.000.

BACA JUGA: Wabup Wonosobo, M Albar : Tiga Sektor Utama Angkat Ekonomi Petani

”Harganya masih tinggi, karena di Jateng kemarin sawi sempat seharga Rp 500 perak. Jadi artinya, kita bisa berdagang antardaerah. Bisa saling suplai, sehingga inflasi bisa kita kontrol,” jelasnya.

Dan yang paling menarik menurut Ganjar adalah, sarapan bersama di pasar. Dia memakan nasi kuning, dengan lauk ikan teri dan makan Barongko.

”Yang menarik diajak sarapan nasi kuning yang khas, ada ikan terinya. Sama tadi makan Barongko. Wah itu makanan kesukaan saya,” ungkapnya.

Riyan