blank
Ilustrasi sayuran peterseli. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Siapa yang tidak mengenal sayuran peterseli atau yang lebih dikenal dengan nama parsley dan kerap dijadikan bahan makanan.

Dilansir dari Suara.com, tidak hanya dapat meningkatkan cita rasa pada makanan, sayuran peterseli ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Pasalnya, dalam 8 gram sayuran peterseli ini dapat memenuhi sekitar 12 persen kebutuhan akan vitamin A dan juga 16% dari kebutuhan vitamin C.

Baca Juga: 4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan, Simak yuk..

Selain itu, dalam satu porsi ini juga sudah mengandung asupan vitamin K dengan kandungan yang mencapai 154 persen.

Kemudian, peterseli juga merupakan sumber magnesium, kalium, zat besi, dan kalsium yang tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dirangkum dari Hellosehat, berikut ini adalah tiga manfaat sayuran peterseli untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Perawatannya, Simak yuk

1. Baik untuk kesehatan tulang

Sayuran peterseli ini mempunyai manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena, kandungan vitamin K yang tinggi dalam sayuran berwarna hijau ini dapat membantu pembentukan tulang yang lebih kuat dengan mendukung sel osteoblas.

Kemudian, vitamin K juga bisa membantu dalam mengaktifkan protein tertentu yang mana ini berfungsi dalam meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Perlu diketahui bahwa kekurangan vitamin K dapat membuat seseorang rentan terkena permasalahan tulang seperti osteoporosis atau patah tulang.

Baca Juga: Sering Dianggap Rumput Biasa, Enam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Maka dari itu, dengan mengonsumsi vitamin K maka tulang dapat menyerap kalsium lebih baik dan hal ini bisa didapatkan dari peterseli.

2. Kaya antioksidan untuk mencegah penyakit

Dalam sayuran peterseli ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan melawan penyakit.

Pasalnya, dalam peterseli ini mengandung vitamin C dan juga terdapat kandungan antioksidan yakni flavonoid dan karotenoid. Di mana vitamin C pada sayuran ini dapat membantu dalam melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak.

Baca Juga: Tujuh Khasiat Lotus Root Powder Bagi Kesehatan

Sementara itu, kandungan antioksidan karotenoid nya sudah terbukti dalam mengurangi risiko kanker paru-paru.

Bahkan dalam sebuah penelitian ekstrak peterseli ini mempunyai manfaat antibakteri.

3. Dapat Cegah Kanker

Kemudian manfaat peterseli bagi kesehatan lainnya adalah dapat menghambat efek yang dapat memicu kanker dari amina heterosiklik.

Perlu kalian ketahui bahwa komponen amina heterosiklik biasanya muncul pada daging yang dipanggang pada temperatur tinggi.

Baca Juga: Empat Dampak Negatif Bahaya Penggunaan Pestisida Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan antioksidannya juga bisa mengurangi tingkat stres oksidatif yang ada pada tubuh. Stres oksidatif adalah keadaan di mana tubuh memiliki kadar radikal bebas yang lebih banyak dari antioksidan dan bisa memicu kanker seperti kanker usus besar.

Sebaiknya mengonsumsi sayuran peterseli ini dalam jumlah yang cukup dan jangan berlebihan.

Claudia