blank
ilustrasi lotus powder. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lotus merupakan salah satu tanaman yang sering dianggap sama dengan teratai, padahal keduanya merupakan spesies tumbuhan yang berbeda. Lotus memiliki kelopak bunga yang lebih lebar dan tidak teratur dengan bunga berwarna cantik, tidak heran bunga satu ini kerap dijadikan sebagai pemercantik suatu ruangan.

Dilansir dari Suara.com tahukah Anda, jika belakangan tengah viral orang-orang mengonsumsi lotus root powder?

Tidak hanya penampilannya saja, bunga lotus rupanya juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama jika sudah diolah menjadi tepung lotus yang diambil dari akar, umbi, atau rimpang tumbuhan satu ini. Apa saja khasiat yang bisa dirasakan? Simak ulasan manfaat lotus root powder yang telah dirangkum dari laman Organic Facts berikut:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi dan tembaga pada lotus root atau akar lotus mampu mengurangi kemungkinan gejala anemia dan meningkatkan vitalitas serta aliran darah.

Kedua zat ini merupakan bagian integral dari produksi sel darah merah sehingga bagus untuk merangsang sirkulasi darah dan tingkat energi.

2. Mengurangi stres

Lotus root powder mengandung vitamin B kompleks, tepatnya piridoksin yang berinteraksi langsung dengan reseptor saraf otak sehingga dapat mempengaruhi suasana hati dan kondisi mental.

Dalam pengobatan tradisional, akar lotus biasa digunakan untuk meredakan sakit kepala hingga tingkat stress. Bunga lotus juga kerap dikaitkan dengan ketenangan dan kedamaian.

3. Mengatur tekanan darah

Kadar kalium yang tinggi pada akar bunga lotus penting untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan juga melawan efek natrium dalam aliran darah. Kalium adalah vasodilator yang melemaskan pembuluh dara, Jadi, dengan mengurangi kontraksi dan kekakuan, ini bisa membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat lotus root powder selanjutnya adalah melancarkan pencernaan berkat porsi seratnya yang tinggi. Tidak hana melancarkan buang air besar, ini juga bisa mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Ini dilakukan dengan meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan lambun dan merangsang gerakan peristaltik pada otot usus untuk memfasilitasi gerakan usus yang mudah dan teratur.

5. Mengatur berat badan

Akar lotus adalah pilihan yang tepat untuk mereka yang sedang mengatur berat badan. Ternyata bahan makanan rendah kalori ini juga disebut tinggi nutrisi sehat. Jadi, kamu tetap bisa merasa kenyang tanpa perlu takut makan berlebih.

6. Kaya akan vitamin A

Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, hingga rambut, dan ini merupakan salah satu vitamin dengan kandungan tertinggi yang ditemukan pada akar lotus.

Vitamin A juga mempercepat penyembuhan luka dan mengobati kondisi kulit yang meradang.

7. Kaya akan vitamin C

Ketika berbicara tentang kandungan nutrisi akar lotus, vitamin C adalah salah satu yang tidak bisa dilupakan, karena setidaknya pada 100 gram akar lotus mengandung 73% kebutuhan harian vitamin C.

Vitamin C berfungsi untuk menjaga kekuatan pembuluh darah, organ, hingga kulit, juga merupakan stimulan utama bagi kekebalan tubuh.

Claudia