blank
Ilustrasi buah nanas. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Buah yang berkhasiat menurunkan asam urat. Beberapa buah ini dipercaya berkhasiat menurunkan masalah asam urat.

Jika dibiarkan, asam urat bisa sangat mengganggu aktivitas. Salah satu faktor yang memengaruhi asam urat yaitu makanan yang dikonsumsi.

Dilansir dari Suara.com, kandungan yang terdapat dalam makanan akan sangat memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Meski demikian, terdapat juga makanan yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat, salah satunya buah-buahan.

Baca Juga: 4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan, Simak yuk..

Dari kanal YouTube Emasuperr, Dokter sekaligus Konten Kreator, dr. Ema Surya Pertiwi menjelaskan beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Berikut buah yang berkhasiat menurunkan asam urat.

1. Nanas

Berdasarkan penjelasan Dokter Ema, buah nanas kaya akan vitamin C dan enzim bromelain yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Meski demikian, nanas tersebut harus bisa diolah dengan baik.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Tiga Manfaat Tanaman Vanilli Bagi Kesehatan Tubuh

Hal ini karena jika salah diolah kandung enzim bromelain akan menurun dan hanya memberikan fruktosa atau gula. Parahnya lagi fruktosa tersebut juga bisa berfermentasi menjadi alkohol yang memperburuk kondisi asam urat.

2. Jeruk Nipis atau Lemon

Sama halnya dengan nanas, jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Cara mengonsumsinya dengan memerasnya dalam dua liter air dan dikonsumsi setiap hari selama enam minggu.

Meski demikian, buah yang satu ini juga harus diwaspadai oleh penderita penyakit ginjal. Hal ini karena mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi akan memperburuk penyakit ginjal yang dialami.

Baca Juga: Sering Dianggap Rumput Biasa, Enam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

3. Kedondong

Kedondong kaya akan venolic acid, anthocyanin, xantin oksidase, yaitu penghambat pembentukan asam urat. Berbagai kandungan tersebut akan sangat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kedondong juga mengandung vitamin C dan serat baik yang membantu menurunkan kadar asam urat. Caranya hanya mengonsumsi 1-2 buah per harinya.

4. Jambu Air

Jambu air memiliki anthocyanin serta xantin oxidase yang tinggi. Kedua kandungan ini akan sangat berguna untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Cara mengonsumsinya juga mudah yaitu dengan dimakan langsung atau dibuat jus.

Baca Juga: Tujuh Khasiat Lotus Root Powder Bagi Kesehatan

5. Cermai

Buah satu ini memiliki kandungan tinggi akan anthocyanin serta xantin oksidase inhibitor. Ini akan membantu menghambat terbentuknya asam urat pada tubuh. Mengonsumsi buah satu ini juga mudah, yaitu dengan mengonsumsi langsung atau dibuat jadi jus.

6. Stoberi

Warna merah yang dihasilkan oleh stroberi mengandung flavonoid dan anthocyanin yang membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, buah satu ini baik untuk para penderita asam urat.

7. Jambu Biji

Jambu biji kaya akan berbagai kandungan mulai dari fenolik, flavonoid, serta anthocyanin dari xantin oksidase inhibitor yang berguna untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jambu biji dapat dikonsumsi secara langsung atau jus.

Claudia