Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Tengah, Harry Nuryanto, mengapresiasi kunjungan ini dan berharap mitra-mitra dari Eropa dapat mendongkrak perdagangan dengan Jawa Tengah serta mempromosikan praktik baik bisnis yang berkelanjutan.

“Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi produk yang terintegrasi dari hulu hingga hilir dengan kualitas baik. Sementara dari sisi investasi, Jawa Tengah menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan terus meningkat, didukung oleh SDM yang kompeten, kemudahan perizinan serta keberadaan infrastruktur dan kawasan industri terpadu,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyampaikan harapan agar kunjungan ini dapat menjadi langkah maju dalam menghadirkan produk terbaik dari Jawa Tengah dan meningkatkan perekonomian sekaligus menjaga prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan dengan baik dalam praktik usaha.

“Jateng telah melakukan langkah-langkah koordinasi yang telah dilakukan pemerintah provinsi guna memastikan kemudahan berbisnis bagi investor asing di Jawa Tengah,” katanya.

Pada kunjungan tersebut, Delegasi Uni Eropa dan KADIN Jawa Tengah mengadakan dua diskusi panel bertajuk ‘Mengakses Pasar Eropa melalui Perjanjian Kerjasama Ekonomi Komprehensif (CEPA) Indonesia – Uni Eropa’ dan ‘Peluang Perdagangan dan Investasi’.

Sesi ini dihadiri oleh perwakilan Negara-negara Anggota Uni Eropa di Indonesia, perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, KADIN Nasional, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah.

Hery Priyono