blank
Peserta pelatihan Sibat melakukan simulasi cara menyelamatkan warga dari bencana yang terjadi di desa mereka. Foto: PMI Grobogan.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – PMI Grobogan  menggelar pelatihan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) dengan peserta warga masyarakat di dua desa yakni Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi dan Desa Wates, Kecamatan Kedungjati, Kabuaten Grobgan.

Kepala Markas PMI Grobogan, Djasman Jumat (30/9/2022) menerangkan, pelatihan Sibat ini dilakukan agar para warga desa yang menjadi tuan rumah dalam latihan ini tidak bingung. Selain itu, pelatihan Sibat ini bisa menjadi sarana jembatan komunikasi antara warga desa dengan PMI Grobogan.

“Warga merupakan ujung tombak desa dalam penanggulangan bencana. Mereka yang akan membantu pemerintah desa untuk memecahkan dan mencari solusi dalam mengurangi risiko serta dampak bencana,” ujar Djasman.

Baca juga Remaja Tenggelam di Sungai Lusi, Ditemukan Meninggal Sehari Kemudian

Sementara itu, Kasi Pelayanan Masyarakat PMI Grobogan, Gesit Kristyawan mengungkapkan, para peserta dalam pelatihan Sibat ini mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta sistem peringatan dini (SPD) dan pertolongan pertama dalam bencana.

“Tentunya, pelatihan ini sangat penting karena Kabupaten Grobogan ini termasuk daerah dengan kerawanan bencana, seperti banjir, angin puting beliung, kekeringan hingga longsor,” ujar Gesit Kristiyawan.